Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Annisa, Annisa (2022) Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ANNISA_T20181198_.pdf

Download (8MB)

Abstract

Annisa, 2022: Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di abad 21 di samping memiliki tanggung jawab dalam membangun karakter religius siswa, juga bertanggung jawab dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Terdapat berbagai model pembelajaran yang dapat dikembangkan oleh guru di kelas untuk melatih kemampuan berpikir kritis seperti Contextual teaching and learning (CTL). CTL menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan siswa secara nyata. Siswa dilatih untuk berpikir kritis terhadap permasalahan yang ada di sekitar kehidupan mereka, khususnya yang berkaitan dengan materi pendidikan agama Islam.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan contextual teaching and learning (CTL) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023? 2) Apa saja kendala dalam penerapan contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023?. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan contextual teaching and learning (CTL) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan kendala dalam penerapan contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Penerapan contextual teaching and learning (CTL) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI dilakukan melalui tiga tahapan. Pada tahap perencanaan, guru membuat RPP dan menyiapkan bahan diskusi. Pada tahap pelaksanaan, guru menyampaikan materi; membimbing siswa untuk memperagakan contoh praktik terkait materi; membagi siswa menjadi beberapa kelompok diskusi untuk menganalisis peristiwa nyata dan aktual terkait materi; menginstruksikan siswa untuk mempresentasikan argumennya; dan mengevaluasi hasil diskusi siswa. Pada tahap evaluasi, guru menekankan pada penilaian proses saat kegiatan pembelajaran berlangsung (aspek afektif melalui lembar pengamatan sikap siswa; aspek kognitif melalui penugasan dan tes; aspek psikomotorik melalui observasi kecakapan siswa saat proses diskusi dan presentasi). 2) Kendala dalam penerapan contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran PAI meliputi dua aspek, yaitu dari segi media (kurangnya kelengkapan sarana fasilitas sekolah) dan dari segi siswa (dikarenakan perbedaan karakteristik dari masing-masing siswa).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Annisa Annisa
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:20
Last Modified: 13 Jan 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17211

Actions (login required)

View Item View Item