Peran Guru Dalam Meningkatkan Pengamalan Ibadah Anak Kelompok B Melalui Metode Pembiasaan Sholat Dhuha Di RA Raudlatul Hasan Lumajang

Parawansa, Lia Novita (2023) Peran Guru Dalam Meningkatkan Pengamalan Ibadah Anak Kelompok B Melalui Metode Pembiasaan Sholat Dhuha Di RA Raudlatul Hasan Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LIA NOVITA PARAWANSA_T20185023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sholat dhuha merupakan kegiatan pengamalan ibadah yang dapat menstimulus anak usia dini agar terbiasa melaksanakan sholat di rumah, Selain mengajarkan kaidah-kaidah syarat diterimanya ibadah, juga melatih anak didik sejak dini agar dapat membiasakan rutin melaksanakan ibadah shalat dhuha dengan baik dan benar sehingga tidak menimbulkan gerakan, bacaan, arti dan tafsiran yang salah. Ibadah shalat dhuha yang diharapkan pendidik dapat memberikan rangsangan pada anak saat melaksanakan ibadah sholat di rumah
Adapun fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan pengamalan ibadah anak kelompok B melalui metode pembiasaan sholat dhuha?, 2) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan pengamalan ibadah anak kelompok B melalui Metode pembiasaan sholat dhuha?, 3) Bagaimana peran guru sebagai model dalam meningkatkan pengamalan ibadah anak kelompok B melalui metode pembiasan sholat dhuha?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui dan menganalisis peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan pengamalan ibadah anak kelompok B melalui metode pembiaaan sholat dhuha, 2) untuk mengetahui dan menganalisis peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan pengamalan ibadah anak kelompok B melali metode pembiasaan sholat dhuha, 3) untuk menganalisis dan mengetahui peran guru sebagai model dalam meningkatkan pengamalan ibadah anak kelompok B melalui metode pembiasaan sholat dhuha.
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observai, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini 1) Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan pengamalan ibadah anak kelompok B melalui metode pembiasaan sholat dhuha di RA Raudlatl Hasan Lumajang yaitu (a)guru memberi arahan bagaimana melaksanakan sholat dhuha (b)guru memberi pemahaman kepada peserta didik sebelum melaksankan pembiasaan sholat dhuha (c) guru mengajarkan bagaimana tata cara sholat dhuha 2) Peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan pengamalan ibadah anak kelompok B melalui metode pembiasaan sholat dhuha di RA Raudlatul Hasan Lumajang yaitu (a)guru membimbing anak dalam bacaan niat sholat dhuha (b)guru membimbing semua bacaan-bacaan dalam sholat dhuha (c)guru membimbing gerakan dalam sholat dhuha (d) guru menyempurnakan sikap saat melaksanakan sholat dhuha 3) guru sebgai model dalam meningkatkan pengamalan ibadah anak kelompok B melalui metode pembiasaan sholat dhuha di RA Raudlatul Hasan Lumajang yaitu (a) guru mencontohkan bacaan niat sholat dhuha (b) guru mencontohkan bacaan dalam sholat dhuha (c) guru mencontohkan gerakan dalam sholat dhuha.
Kata Kunci : Peran Guru Dalam Meningkatkan Pengamalan Ibadah, Metode Pembiasaan Sholat Dhuha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Lia Novita Parawansa
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:47
Last Modified: 13 Jan 2023 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17213

Actions (login required)

View Item View Item