Peran Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-learning Di MA Zainul Bahar Wringin Bondowoso.

Sofiani, Wiwin (2022) Peran Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-learning Di MA Zainul Bahar Wringin Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WIWIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Wiwin Sofiani, 2022:Peran Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Berbasis E-learning Di MA Zainul Bahar Wringin Bondowoso.
Kata Kunci:Peran Guru, Pembelajaran PAI Berbasis E-learning
Peran guru dalam mengelola E-learning adalah sebagai disainer
intruksional, fasilitator dalam interaksi belajar, dan ahli materi. Peran guru yang
utama adalah untuk mendorong proses perkembangan kognitif siswa yang yang
dicapai melalui media komputer yang diharapkan memiliki aksebilitas dan
adaptabisitas yang tinggi. Dalam E-learning guru juga dituntut untuk terampil.
Peran guru dalam pelaksanaan E-learning harus kreatif dan mau
melakukan inovasi pembelajaran, guru dituntut memberikan pembelajaran yang
konstektual, menyenangkan, efektif dan efisisen, merupakan solusi yang perlu di
desain dan dilaksanakan dengan memaksimalkan media yang ada seperti media
online.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru
dalam perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis E-Learning?
2) Bagaimana peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama
islam berbasis E-Learning? 3) Bagaimana peran guru dalam evaluasi
pembelajaran pendidikan agama islam berbasis E-Learning
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran pendidikan agama islam berbasis E-Learning di MA Zainul Bahar
Wringin Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
pendidikan agama islam berbasis E-Learning di MA Zainul Bahar Wringin
Bondowoso. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran pendidikan agama
islam berbasis E-Learning di MA Zainul Bahar Wringin Bondowoso.
Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif
dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara semi terstruktur, observasi partisipasif, dan dokumentasi. Teknik
analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan
model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data,
penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
dan triangulasi metode.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan peneliti, yaitu: 1) Perencanaan
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis E-learning di MA Zainul Bahar
Wringin Bondowoso dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
dan silabus. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis E￾learning di MA Zainul Bahar Wringin Bondowoso yaitu meliputi kegiatan
pendahuluan, inti, dan penutup. 3) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam berbasis E-learning di MA Zainul Bahar Wringin Bondowoso ada tiga
penilaian yang diterapkan di MA Zainul Bahar yaitu, penilaian sikap, penilaian
pengetahuan, penilaian keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Wiwin Sofiani
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:43
Last Modified: 13 Jan 2023 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17214

Actions (login required)

View Item View Item