Implikasi Kreativitas dan Pelayanan pada Peningkatan Laba Usaha Souvenir di Zhafirah Craft

Candra Kirana, Gita (2023) Implikasi Kreativitas dan Pelayanan pada Peningkatan Laba Usaha Souvenir di Zhafirah Craft. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahcmad Siddiq Jember.

[img] Text
GITA CANDRA KIRANA_E20162096.pdf

Download (4MB)

Abstract

Gita Candra Kirana, Dr. Moch. Chotib, S.Ag., MM, : Implikasi Kreativitas dan Pelayanan pada Peningkatan Laba Usaha Souvenir di Zhafirah Craft.

Ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi baru yang memadupadakan informasi dan kreativitas yang mengendalikan ide, gagasan dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi. Dalam studi ekonomi ada empat faktor produksi, yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia, modal (faktor utama) dan orientasi atau manajemen. Kualitas pelayanan dalam dunia bisnis saat ini merupakan hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh semua perusahaan agar perusahaan tersebut tetap bertahan. Kualitas pelayanan semata-mata ditentukan oleh karyawan yang mempunyai skill yang baik dan kreatif, sehingga kepuasan konsumen hanya dapat dicapai dengan memberikan produk yang sudah dihasilkan dengan kualitas yang baik serta memberikan pelayanan yang memuaskan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup yaitu: 1. Bagaimana kreativitas dan pelayanan produk di Zhafirah Craft Jember? 2. Bagaimana implikasi kreativitas dan pelayanan produk di Zhafirah Craft Jember?.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui kreativitas dan pelayanan produk di Zhafirah Craft. 2. Untuk mengetahui implikasi kreativitas dan pelayanan produk di Zhafirah Craft.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu pertimbangan dalam memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Dalam peningkatan kreativitas dan pelayanan pihak Zhafirah Craft selalu melakukan yang terbaik. Pertama untuk meningkatkan kualitas kreativitas, pihak Zhafirah Craft selalu mengadakan pelatihan yang terjadwal secara rutin untuk para pegawai agar soft skill di bidang hand craft semakin berkualitas. Kedua, untuk peningkatan pelayanan, pihak Zhafirah Craft mengutamakan kepuasan konsumen dengan menyediakan pelayanan terbaik mulai dari menyediakan berbagai macam barang yang diperlukan konsumen hingga pendekatan secara emosional kepada konsumen. 2. Kreativitas memberikan dampak yang sangat besar bagi Zhafirah Craft, sejak mengasah skill secara rutin, barang-barang yang dihasilkan semakin berkualitas sehingga menarik minat konsumen dan hal tersebut berdampak pada kenaikan omset perusahaan.

Kata Kunci: Kreativitas, Pelayanan, Laba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Gita Candra Kirana
Date Deposited: 13 Jan 2023 06:44
Last Modified: 13 Jan 2023 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17216

Actions (login required)

View Item View Item