HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL WELL BEING DENGAN MOTIVASI KERJA TENAGA PENDIDIK SLB (Sekolah Luar Biasa) DI KABUPATEN JEMBER PADA MASA PANDEMI COVID-19

Dina Lutfiana, Septi (2023) HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL WELL BEING DENGAN MOTIVASI KERJA TENAGA PENDIDIK SLB (Sekolah Luar Biasa) DI KABUPATEN JEMBER PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Watermark Skripsi Septi Dina Lutfiana D20185017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada pendidikan. Tenaga pendidik atau guru sebagian besar mengalami stres, dengan faktor yang berbeda-beda yaitu; mengalami kesulitan beradaptasi dengan suasana baru di era new normal, tugas yang complex, dan juga keterbatasan sarana dan prasarana. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu apakah ada hubungan antara psychological well being dengan motivasi kerja tenaga pendidik Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Jember pada masa pandemi Covid-19. Dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara psychological well being dengan motivasi kerja tenaga. Responden dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik di beberapa Sekolah Luar Biasa yang berada di Kabupaten Jember. Psychological well being ialah situasi diri yang memiliki energi positif terhadap orang lain atau lingkungannya, individu mampu mengatur perilakunya sendiri, mengendalikan lingkungan, serta memiliki tujuan yang lebih bermakna. Motivasi kerja merupakan stimulan dari dalam ataupun luar yang menyebabkan orang melakukan sesuatu atau mencoba memuaskan kebutuhannya. Dari hasil uji korelasi yang peneliti lakukan dengan bantuan SPSS 26 for windows. Maka peneliti mendapatkan hasil korelasi (r) sebesar 0,900 dengan hubungan positif yang signifikan sangat kuat, artinya jika semakin tinggi psychological well being, maka motivasi kerja tenaga pendidik SLB di Kabupaten Jember akan semakin tinggi juga. Sedangkan, semakin rendah psychological well being, maka motivasi kerja tenaga pendidik atau guru SLB di Kabupaten Jember akan semakin rendah.
Kata Kunci: psychological well being, motivasi kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: Mrs Septi Dina Lutfiana
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:20
Last Modified: 17 Jan 2023 00:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17222

Actions (login required)

View Item View Item