HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF 30 BUSTANUL ULUM AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mukarromah, Ni'matul (2022) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF 30 BUSTANUL ULUM AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NI'MATUL MUKARROMAH_T20184105.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ni’matul Mukarromah, 2022: Hubungan antara Kecerdasan Logis Matematis dengan Kedisiplinan Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas Tinggi di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 30 Bustanul Ulum Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Kecerdasan logis matematis, kedisiplinan belajar matematika, peserta didik kelas tinggi

Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh masih maraknya anggapan peserta didik terhadap matematika sebagai mata pelajaran yang rumit. Konsep matematika perlu dipahami menggunakan pemikiran yang logis dan analisis yang tepat. Sehingga untuk dapat memahaminya, dibutuhkan sikap kedisiplinan belajar matematika yang konsisten. Kedisiplinan belajar matematika tidak terbentuk secara langsung, peserta didik perlu membekali dirinya dengan kecerdasan logis matematis yang baik untuk memiliki sikap kedisiplinan belajar matematika.
Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana kecerdasan logis matematis peserta didik kelas tinggi di MIMA 30 Bustanul Ulum Ambulu?, (2) Bagaimana kedisiplinan belajar matematika peserta didik kelas tinggi di MIMA 30 Bustanul Ulum Ambulu?, (3) Adakah hubungan signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan kedisiplinan belajar matematika peserta didik kelas tinggi di MIMA 30 Bustanul Ulum Ambulu?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis dan kedisiplinan belajar matematika peserta didik kelas tinggi di MIMA 30 Bustanul Ulum Ambulu. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan kedisiplinan belajar matematika peserta didik kelas tinggi di MIMA 30 Bustanul Ulum Ambulu.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional. Pengambilan sampel responden menggunakan teknik sampling total dengan jumlah 69 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi rank spearman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan logis matematis peserta didik kelas tinggi di MIMA 30 Bustanul Ulum Ambulu terdapat 5 peserta didik dengan kategori sangat rendah, 16 peserta didik dengan kategori rendah, 31 peserta didik dengan kategori sedang, 17 peserta didik dengan kategori tinggi, dan tidak ada peserta didik dengan kategori sangat tinggi. 2) Kedisiplinan belajar matematika peserta didik kelas tinggi di MIMA 30 Bustanul Ulum Ambulu terdapat 5 peserta didik dengan kategori sangat rendah, 20 peserta didik dengan kategori rendah, 21 peserta didik dengan kategori sedang, 20 peserta didik dengan kategori tinggi, serta 3 peserta didik dengan kategori sangat tinggi. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan kedisiplinan belajar matematika peserta didik kelas tinggi di MIMA 30 Bustanul Ulum Ambulu, yang dibuktikan dengan hasil uji korelasi yaitu nilai rs hitung sebesar 0,512 dengan signifikansi sebesar (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nona Ni'matul Mukarromah
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:29
Last Modified: 13 Jan 2023 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17228

Actions (login required)

View Item View Item