Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Era Digital Di SMAN 5 Jember

Taufik, Muhammad (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Era Digital Di SMAN 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Taufik T20171236 Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Taufik, 2022: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Era Digital Di SMAN 5 Jember.

Kata Kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius, Disiplin, dan Peduli Lingkungan.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh merosotnya karakter siswa akibat dari majunya teknologi, seperti kurangnya sikap religius, kedisiplinan serta kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Kemajuan teknologi ini merupaka sebuah pisau yang bermata dua, artinya bisa digunakan dalam hal postif maupun hal negatif. Untuk menimalisir dampak dari majunya teknologi yang berkembang saat ini maka perlu diajarkan mengenai pendidikan karakter. SMAN 5 Jember merupakan lembaga yang menyandang nama Adiwiyata tidak hanya menciptakan insan yang berprestasi, tetapi juga berkarakter Islami, intinya antara IPTEK dan IMTAQ diupayakan saling bersinergi. Pengupayan pembentukan karakter merupakan tugas seluruh warga sekolah termasuk guru pendidikan agama Islam yang berperan dalam pembentukan karakter melalui proses belajar mengajar serta kegiatan di sekolah.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini diantaranya, (1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius di era digital, (2) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter disiplin di era digital, (3) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peduli lingkungan di era digital?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara tak terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teori Miles, Huberman. Terakhir untuk membuktikan keabsahan data menggunakan teknis triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah (1) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius pada era digital yaitu guru membudayakan atau mebiasakan pembacaan asmaul husna, berdoa sebelum dan sesudah memulai pelajaran. Membawa dan membaca kitab suci al-Qur’an, pelaksanaan sholat berjamaah, penerapan penggunaan busana sesuai syariat Islam yang dilaksanakan melalui integrasi materi pendidikan agama Islam dan juga pemberian tauladan dalam sikap toleransi terhadap orang yang berbeda keyakinan. (2) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter disiplin pada era digital yaitu guru sebagai teladan yang baik dalam penanaman karakter disiplin dikombinasikan dengan cara pengawasan dan penyadaran akan pentingnya sikap disiplin serta pemberian sangsi terhadap peserta didik yang tidak disiplin. (3) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada era digital yaitu guru sebagai tauladan baik dalam penanaman pendidikan lingkungan yang dilaksanakan melalui integrasi materi pendidikan agama Islam dengan KD terkait dan juga dilaksanakan melalui kegiatan pramuka lingkungan hidup melalui kegiatan ecopreneur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Taufik
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:10
Last Modified: 13 Jan 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17230

Actions (login required)

View Item View Item