PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI MEMBACA PEMAHAMAN KELAS 4 DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-BAROKAH AN-NUR AJUNG,JEMBER

Nur Khofifah, Eva (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI MEMBACA PEMAHAMAN KELAS 4 DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-BAROKAH AN-NUR AJUNG,JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EVA NUR KHOFIFAH_T20184088.pdf

Download (4MB)

Abstract

Eva Nur Khofifah, 2022: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Materi Membaca Pemahaman kelas 4 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Barokah An-Nur Ajung,Jember
Kata kunci: model pembelajaran CIRC, Membaca pemahaman
Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CIRC yang dijadikan sebagai model pembelajaran terpilih yang dapat membantu peserta didik dalam memahami seuah teks bacaan tujuannya agar peserta didik lebih mudah menemukan informasi dalam suatu bacaan karena membaca sebuah teks bacaan merupakan hal yang rumit terutama dalam membaca untuk memahami sebuah teks.
Fokus penelitian pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimana perencanaan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe CIRC pada materi membaca pemahaman di MI Al-Barokah An-Nur Ajung,Jember? (2) bagaimana pelaksanaan model pembelajaran cooperative learning tipe CIRC pada materi membaca pemahaman di MI Al-Barokah An-Nur Ajung,Jember? (3) bagaimana evaluasi model pembelajaran cooperative learning tipe CIRC pada materi membaca pemahaman di MI Al-Barokah An-Nur Ajung,Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari model pembelajaran cooperative learning tipe CIRC pada materi membaca pemahaman di MI Al-Barokah An-Nur Ajung,Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian narative research. Subjek penelitian ini adalah purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggubnakan deskriptif kualitatif interaktif Milles Huberman yait kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Kebsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik
Temuan dari penelitian ini adalah (1)perencanaan model pembelajaran CIRC (a)perencanaan oleh guru (b) pembuatan RPP (2) pelaksanaan model CIRC (a) membentuk kelompok(b)guru memberikan wacana (c)peserta didik berdiskusi(d) siswa mempresentasikan hasil diskusi (e) guru dan peserta didik membuat kesimpulan bersama (f) penutup (3) evaluasi model pembelajaran CIRC. Pada evaluasi model pembelajaran CIRC menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC sesuai dengan pembelajaran dalam materi membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nona Eva Nur Khofifah
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:30
Last Modified: 13 Jan 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17233

Actions (login required)

View Item View Item