Strategi bisnis batik dalam upaya memperkenalkan kearifan lokal pada Griya Batik Barata di Desa Tegalwaru Kecamatan Mayang Kabupaten Jember

Putri, Aprilia Sukamto (2023) Strategi bisnis batik dalam upaya memperkenalkan kearifan lokal pada Griya Batik Barata di Desa Tegalwaru Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Aprilia Watermark 2.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aprilia Sukamto Putri, Toton Fanshurna, M.E.I,2023:“Strategi Bisnis Batik Dalam Upaya Memperkenalkan Kearifan Lokal Pada Griya Batik Barata Di Desa Tegalwaru Kecamatan Mayang Kabupaten Jember”.Batik Jember merupakan salah satu hasil karya batik masyarakat Jember yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat luas. Dalam proses produksi perlu adanya inovasi. Melakukan inovasi produk merupakan salah satu upaya yang dilakukan produsen untuk melawan persaingan dan meningkatkan daya beli konsumen. Selain itu dengan adanya inovasi produk akan ada beragam jenis produk yang dihasilkan. Konsumen dapat memilih motif-motif baru batik yang sudah dihasilkan. Dalam hal ini usaha Griya Batik Barata menggunakan strategi inovasi bisnis untuk menarik konsumen dan meningkatkan daya beli konsumen. Inovasi merupakan salah satu uapaya yang dilakukan untuk mengenalkan motif bati dari usaha Griya Batik Barata dengan berbagai macam motif batiknya. Melihat dari keadaan lingkungan usaha griya batik barata mengadopsi kearifan lokal daerah desa tegalwaru dan Jember untuk di aplikasikan menjadi motif batik yang ada di Griya Batik Barata.Fokus penelitian yang dalam skripsi ini adalah :1. Bagaimana strategi inovasi yang diterapkan pada usaha Griya Batik Barata?. 2. Bagaimana Upaya Griya Batik Barata dalam Mempertahankan kearifan Lokal?. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahi strategi Inovasi seperti apa yang dialikasikan pada usaha Griya Batik Barata. 2. Untuk mengetahui strategi inovasi dalam mempertahankan kearifan lokal pada Griya Batik Barata.Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ialah pengusaha pembuatan batik. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengumpulan data, teknis yang digunakan ialah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi data.Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1. inovasi bisnis yang dilakukan untuk memasarkan produk batik dengan cara membuat corak batik yang khas, menjual produk online untuk menarik konsumen lebih banyak dan menerima pesanan preeorder. 2. Faktor lingkungan, ekonomi masyarakat dan kebiasaan masyarakat menjadi salah satu inspirasi adanya corak batik yang dibuat. Dengan melihat kearifan lokal lingkungan maka terciptalah motif batik yang sesuai dengan kekhasan yang ada di Jember.Kata Kunci: Strategi, Inovasi, Kearifan Lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140211 Labour Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140212 Macroeconomics (incl. Monetary and Fiscal Theory)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: APRILIA DAK SUKAMTO
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:00
Last Modified: 17 Jan 2023 01:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17246

Actions (login required)

View Item View Item