Peran Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Lumajang Dalam Penanganan Pelanggaran Alat Peraga Kampanye Pada Pilkada Tahun 2018 Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pemilu Nomor 7 Tahun 2018

Sholecha, Nidaul (2022) Peran Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Lumajang Dalam Penanganan Pelanggaran Alat Peraga Kampanye Pada Pilkada Tahun 2018 Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pemilu Nomor 7 Tahun 2018. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NIDAUL SHOLECHA_S20183062.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemilihan kepala daerah dan wakilnya yang kemudian selanjutnya disebut dengan pilkada merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat di wilayah lokal. Dalam proses pelaksanaannya juga tidak lepas dari pelanggaran-pelanggaran yang terjadi, terutama pada masa kampanye khususnya pelanggaran Alat peraga Kampanye (APK). Banyaknya pelanggaran APK yang terjadi dilatarbelakangi beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya pemahaman hukum terkait peraturan pemasangan APK. Menangani banyaknya pelanggaran APK juga harus sesuai dengan kentuan yang berlaku, sesuai dengan Peraturan Bawaslu Nomor 7 tahun 2018 tentang penanganan temuan dan laporan pelanggaran pemilu. Masih banyak masyarakat atau tim kampanye dari calon kandidat yang tidak memahami bagaimana adanya peraturan tersebut, sehingga banyak terjadinya pelanggaran APK.
Fokus penelitian ini adalah: a. Apa saja faktor yang mempengaruhi banyaknya pelanggaran yang terjadi pada pilkada 2018 di kabupaten Lumajang?, b. bagaimana peran badan pengawas pemilu kabupaten Lumajang dalam penanganan pelanggaran APK pada pilkada tahun 2018 berdasarkan Perbawaslu Nomor 7 tahun 2018?, c. Bagaimana upaya badan pengawas pemilu kabupaten Lumajang dalam meminimalisir terjadinya pelanggaran APK pada pilkada?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: a. memahami serta merelevansikan peran badan pengawas pemilu kabupaten Lumajang dalam menangani pelanggaran APK sesuai dengan Perbawaslu nomor 7 tahun 2018, b. memahami serta menggali terkait bawaslu dalam proses penanganan pelanggaran APK pada pilkada, c. memahami upaya yang dilakukan oleh bawaslu kabupaten Lumajang dalam meminimalisir terjadinya pelanggaran APK pada pelaksanakan.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Yuridis Empiris dengan pendekatan kualitatif, yakni peneliti menggambarkan proses penanganan pelanggran APK dengan menggali informasi melalui observasi ke lokasi bawaslu lumajang, dan mewawancarai staf bawaslu untuk mendapatkan data penelitian.
Penelitian ini dapat memperoleh kesimpulan : 1.)faktor terjadinya pelanggaran APK diantaranya kurangnya pemahaman hukum terkait peraturan yang berlaku.. 2.) peran badan pengawas pemilu kabupaten Lumajang dalam penanganan pelanggaran APK pada Pilkada tahun 2018 mengawasi dan mengontrol jalannya pelaksanaan Pilkada. 3.) Upaya Badan pengawas pemilu kabupaten Lumajang adalah mengadakan sosialisasi kepada masyarakat dan membangun banyak komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180105 Commercial and Contract Law
Depositing User: Miss Nidaul Sholecha
Date Deposited: 13 Jan 2023 08:53
Last Modified: 13 Jan 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17250

Actions (login required)

View Item View Item