Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Kontekstual Berbantuan Live Worksheet Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP/MTs

Fibriana, Nur Intan (2022) Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Kontekstual Berbantuan Live Worksheet Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR INTAN FIBRIANA_T201810061.pdf

Download (14MB)

Abstract

Nur Intan Fibriana, 2022. Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Kontekstual Berbantuan Live Worksheet Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP/MTs
Kata Kunci: Elektronik Lember Kerja Peserta Didik (E-LKPD), Kontekstual, Live Worksheet
Pembelajaran IPA dapat dikembangkan dengan memanfaatkan media salah satunya sebuah lembar kerja teknologi yakni Eletronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berbantuan Live Worksheet yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 3 Lumajang bahwasannya peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang menunjang pembelajaran daring khususnya pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII. E-LKPD berbantuan Live Worksheet ini melengkapi sumber belajar dan evaluasi pembelajaran dengan pendekatan kontektual yang mengaplikasikan materi dalam kehidupan sehari-hari yang diringkas dan disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan di sekolah.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan validitas E-LKPD berbasis kontekstual berbantuan Live Worksheet pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP/MTs. 2) Untuk mendeskripsikan hasil respons peserta didik terhadap E-LKPD berbasis kontekstual berbantuan Live Worksheet pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP/MTs.
Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ASSURE yang terdiri dari enam tahapan berupa Analyze learner, State objectives, Select methods, media andmaterials, utilize media and materials, require leaner participation dan evaluation. Untuk tahap evaluation peneliti hanya bisa melaksanakan evaluasi formatif saja yang dilaksanakan pada setiap penelitian seperti melakukan perbaikan dari para ahli, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar. Agar mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan maka dilakukan uji coba pada validator ahli materi, ahli media, dan ahli pengguna (Guru IPA), serta dilakukan uji coba terbatas skala kecil pada 6 peserta didik dan skala besar pada 30 peserta didik.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini mendapatkan persentase dari ahli diantaranya: 1) Ahli materi sebesar 93,85%, ahli media sebesar 94,00%, dan ahli pengguna (Guru IPA) sebesar 92,17%, sehingga diperoleh persentase rata-rata dari semua ahli sebesar 93,34%. Artinya elektronik lembar kerja peserta didik berbasis kontekstual berbantuan live worksheet pada materi sistem pernapasan manusia dinyatakan sangat valid digunakan dalam pembelajaran. 2) Hasil uji coba skala kecil pada 6 peserta didik diperoleh persentase sebesar 90,71% dan uji coba skala besar pada 30 peserta didik diperoleh persentase sebesar 89,38%. Artinya respons peserta didik terhadap elektronik lembar kerja peserta didik berbasis kontekstual berbantuan live worksheet pada materi sistem pernapasan manusia dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Nur Intan Intan Nur Intan Fibriana
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:41
Last Modified: 13 Jan 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17255

Actions (login required)

View Item View Item