PENANGGULANGAN KRISIS MORAL REMAJA MELALUI PEMBINAAN NILAI-NILAI PANCA DASAR PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DI DESA SEPUTIH MAYANG KABUPATEN JEMBER

Soni, Moh (2022) PENANGGULANGAN KRISIS MORAL REMAJA MELALUI PEMBINAAN NILAI-NILAI PANCA DASAR PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DI DESA SEPUTIH MAYANG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_SONI REVISAGIN CAK22222222.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Moh Soni, 2022: Penanggulangan Krisis Moral Remaja Melalui Pembinaan Nilai-Nilai Panca Dasar Persaudaraan Setia Hati Terate Di Desa Seputih Mayang Kabupaten Jember.

Kata Kunci: Penanggulangan Krisis Moral Remaja, Pembinaan Nilai-Nilai Panca Dasar Persaudaraan Setia Hati Terate

Persaudaraan Setia Hati Terate adalah organisasi Pencak Silat yang sangat pesat perkembangannya, dengan cabang-cabang perguruan yang hampir ada diseluruh daerah di Indonesia. Dimana dasar-dasar ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate itu pada pokoknya terdiri dari lima aspek atau lima dasar yang dikenal dengan istilah “panca dasar” Kelima aspek ajaran yang terkandung dalam ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate itu adalah persaudaraan, olahraga, beladiri, seni, dan kerohanian. Namun perlu digaris bawahi, bahwa meskipun yang tersurat dari kandungan pokok-pokok ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate itu terbagi menjadi lima aspek dalam praktiknya, keseluruh dari kelima aspek itu harus tercakup dalam satuan. Dengan demikian melalui pembinaan nilai-nilai panca dasar PSHT, akan bisa mengatasi kurangnya tingkat kesopanan dan kedisiplinan pada remaja.
Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembinaan nilai-nilai panca dasar PSHT dalam Menanggulangin krisis moral remaja di Desa Seputih Mayang Jember? 2) Bagaimana kendala dalam pembinaan nilai-nilai panca dasar PSHT dalam menanggulangin krisis moral remaja di Desa Seputih Mayang Jember? 3) Bagaimana dampak pelaksanaan nilai-nilai panca dasar PSHT dalam menanggulangin krisis moral remaja di Desa Seputih? Sedangakan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan nilai-nilai panca dasar PSHT dalam menanggulangin krisis moral remaja di Desa Seputih Mayang Jember 2) Untuk mengetahui kendala pembinaan nilai-nilai panca dasar PSHT dalam menanggulangan krisis moral remaja di Desa Seputih Mayang Jember 3) untuk mengetahui dampak pembinaan nilai-nilai panca dasar PSHT dalam menanggulangin krisis moral remaja di Desa Seputih Mayang Jember
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan. Dimana tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, serta menghasilkan gambaran akurat serta pengetahuan yang dapat digunakan dalam mendeskripsikan tentang suatu gejala atau fenomena yang terjadi di lapangan.
Adapun hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Nilai-nilai yang terkandung di panca dasar PSHT di Desa Seputih bagi warga Persaudaraan Setia Hati Terate, siswa Persaudaraan Setia Hati Terate dan remaja-remaja di Desa Seputih mencakup 2 aspek, yaitu kapasitas manusia sebagai mahkluk sosial dan sebagai hamba Allah. 2) Dampak Penanaman Panca Dasar Terhadap krisis moral remaja di Desa Seputih adalah menjadikan warga PSHT, siswa PSHT, dan remaja-remaja di Desa Seputih lebih giat sholat lima waktu, patuh kepada orang tua dan guru atau pelatih, rajin tidak malas malasan, hidup sehat, lebih pentingkan orang lain, saling menjaga, saling guyub rukun, tetap menjadi pengaman dan pengayom masyarakat, saling menyapa sesama saudara, saling berjabat tangan ketika bertemu antar warga Persaudaraan Setia Hati Terate.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Soni Uin
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:32
Last Modified: 13 Jan 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17256

Actions (login required)

View Item View Item