Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Permainan Puzzle pada Anak Kelompok A di Raudhatul Athfal Darul Himam Desa Ajung Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Rahmawati, Asyuni (2020) Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Permainan Puzzle pada Anak Kelompok A di Raudhatul Athfal Darul Himam Desa Ajung Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Asyuni Rahmawati_T20165081.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Kreativitas Anak Usia Dini, Permainan Puzzle. Menjadi pendidik pada lembaga anak usia dini saat ini dibutuhkan kreatifitas dan inovasi untuk merangsang perkembangan anak dan mengembangkan semua potensi yang dimiliki oleh anak didik. Permainan puzzle merupakan salah satu permainan yang bisa dipakai untuk mengembangkan kreativitas anak. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana perencanaan permainan puzzle dalam mengembangkan kreativitas anak kelompok A Raudhatul Athfal Darul Himam Desa Ajung Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) bagaimana pelaksanaan permainan puzzle dalam mengembangkan kreativitas anak kelompok A Raudhatul Athfal Darul Himam Desa Ajung Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) bagaimana evaluasi permainan puzzle dalam mengembangkan kreativitas anak kelompok A Raudhatul Athfal Darul Himam Desa Ajung Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah mendeskripikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran melalui permainan puzzle dalam mengembangkan kreatifitas anak kelompok A di Raudhatul Athfal Darul Himam Desa Ajung Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember tahun ajaran 2019/2020 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Darul Himam Ajung Kecamatan Kalisat Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan: reduksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menghasilkan: 1) perencanaan permainan puzzle dalam mengembangan kreativitas anak kelompok A di Raudhatul Athfal Darul Himam Desa Ajung Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember adalah a) guru menyusun perangkat pembelajaran, berupa program tahunan, dan rencana kegiatan harian, b) menentukan tujuan dari pembelajaran, c) menentukan media yang akan digunakan, d) Menentukan metode yang akan digunakan agar pembelajaran efektif dan efisien. 2) pelaksanaan permainan puzzle dalam mengembangkan kreativitas anak kelompok A di Raudhatul Athfal Darul Himam Desa Ajung Kalisat yaitu : a) pembukaan, b) inti, c) penutup. Dalam pelaksanaan permainan puzzle ini guru mengelompokkan iswa menjadi tiga kelompok yang dalam kelompoknya terdiri dari 4-5 orang, 3) Evaluasi yang digunakan oleh guru kelompok A di Raudhatul Athfal Darul Himam adalah melalui menetapkan nilai atau penilaian. Penilaian merupakan proses pengolahan data dengan cara pengamatan, pencatatan, dan pendokumentasian kemampuan dan hasil karya anak untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak. Teknik penilaian yang dipakai oleh guru kelompok A pada permainan puzzle adalah observasi, skala capaian dan catatan anekdot.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 06 Apr 2021 02:24
Last Modified: 06 Apr 2021 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item