MODEL REKRUTMEN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN SYARIAH DI BMT MASLAHAH CABANG WANGKAL GADING PROBOLINGGO

Nur Kholis, Muh. (2023) MODEL REKRUTMEN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN SYARIAH DI BMT MASLAHAH CABANG WANGKAL GADING PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Muh Nur Kholis_E20171194.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muh Nur Kholis,Dr. H. Roni Subhan S.Pd.,M.Pd 2021 :Model Rekrutmen Dalam Perspektif Manajemen Syariah Di BMT Maslahah Cabang Wangkal gading Probolinggo
Rekrutmen merupakan suatu prosees pencarian dan pemikatan calon karyawan yang mempunyai kemampuan yang sesuai dengan rencana kebutuhan suatu perusahaan dan dengan ketentuan Manajemen Syariah islam.
Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) apakah pola rekrutmen yang di terapkan di BMT Maslahah Cabang Wangkal Gading Probolinggo sudah berdasarkan pada pola-pola syariah? (2) bagaimana pelaksanaan rekrutmen dalam perspektif manajemen syariah di BMT maslahah Cabang Wangkal Gading Probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah pola rekrutmen yang diterapkan di BMT Maslahah Cabang Wangkal Gading Probolinggo sudah Berdasarkan nilai-nilai syariah. (2) untuk mengetahui pelaksanaan model rekrutmen dalam perspektif manajemen syariah di BMT Maslahah Cabang Wangkal Gading Probolinggo.
Dalam penelitian ini yang digunakan ialah penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, Keabsahan di uji dengan triagulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Pelaksanaan perekrutan karyawan pada BMT Maslahah sebagian besar sudah sesuai dengan pelaksanaan rekrutmen yang dimaksud yaitu sesuai dengan perekrutan dalam perspektif Islam, terbukti bahwa BMT Maslahah telah menggunakan kriteria keislaman yang terdapat dalam Al-Qur’an, yaitu seorang karyawan yang memiliki kekuatan, kecakapan, keadilan, dan kejujuran. Selain itu, BMT Maslahah menerapkan profesionalisme kerja dalam pandangan Syariah yaitu meliputi kejujuran (shiddiq), dipercaya(Amanah), cerdas (Fathanah), berkumunukasi dengan baik (Thabligh).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Muh. Nur Kholis
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:33
Last Modified: 13 Jan 2023 01:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17265

Actions (login required)

View Item View Item