Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Kemitraan Dalam Bisnis Kerjasama Pembibitan Benih Sayuran Antara Petani Dengan PT Bisi International Tbk (Studi Kasus Di Desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi)

Siregar, Faishal Wahyu (2023) Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Kemitraan Dalam Bisnis Kerjasama Pembibitan Benih Sayuran Antara Petani Dengan PT Bisi International Tbk (Studi Kasus Di Desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAISHAL WAHYU SIREGAR_S20172104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemitraan dalam dunia bisnis merupakan suatu kegiatan yang sering terjadi, seperti yang terjadi pada kemitraan pembibitan benih sayuran antara petani dengan PT Bisi International Tbk. Setiap usaha pasti memiliki resiko, begitupun dalam kerjasama antara PT Bisi International Tbk dengan petani. Salah satu problem yang sering terjadi yakni petani mengeluh dikarenakan mengalami kerugian dari hasil panen yang disetorkan ke PT Bisi International Tbk yang ternyata tidak lulus dalam uji cek kelayakan, sehingga menyebabkan hasil panen tersebut harus dikembalikan lagi kepada petani sehingga dalam hal ini petani sangat dirugikan padahal petani sudah melakukan proses penanaman bibit hingga panen. Tak hanya itu, resiko yang kemungkinan bisa terjadi seperti bencana alam, faktor cuaca yang tidak mendukung dan gangguan hama, hanya petani yang akan menanggung, pihak perusahaaan tidak ikut campur apabila terjadi kemungkinan seperti itu, tentu hal ini tidak sesuai dengan prinsip syirkah dalam Islam.
Fokus penelitian dalam penelitian ini ada 2 yaitu; 1) Bagaimana praktik kerjasama dalam bisnis pembibitan benih sayuran antara petani dengan PT Bisi International Tbk di Desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana problematika dalam praktik kerjasama pembibitan
benih sayuran antara petani dengan PT Bisi International Tbk di Desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi?
Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian hukum empiris, pengumpulan data menggunakan metode wawancara, obervasi serta dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu; 1) Bahwa praktik kerjasama dalam Bisnis Pembibitan Benih Sayuran antara Petani dengan PT Bisi International Tbk tahapannya sebagai berikut: Pertama, petani mendaftar kerjasama dengan PT Bisi International Tbk. Kedua, petani menyiapkan seluruh persyaratan pendaftaran. Ketiga, kelompok tani memberikan bimbingan secara umum mengenai kerjasama. Kelima, para pihak melakukan tandatangan Surat Perjanjian Kerjasama. Keenam, petani diberikan pelatihan oleh petugas dari PT Bisi Internastional Tbk. Ketujuh, para pihak melaksanakan hak dan kewajibannya. Kedelapan, proses pengecekan hasil panen oleh perusahaan. Kesembilan, proses pembayaran hasil panen kepada para petani. 2) Bahwa praktik kerjasama pembibitan benih sayuran antara petani dengan PT Bisi International Tbk termasuk dalam kerjasama bidang pertanian al-muzara’ah. Dalam segi pelaksanaan tidak ada problematika karena sudah sesuai dengan kompilasi hukum ekonomi syariah, akan tetapi peneliti menemukan dalam praktiknya ada beberapa dari pihak petani kurang paham mengenai akad atau perjanjian kerjasama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: faishal wahyu
Date Deposited: 16 Jan 2023 00:58
Last Modified: 16 Jan 2023 00:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17273

Actions (login required)

View Item View Item