Penerapan Metode Wahdah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Peserta Didik Pada Program Tahfidz Qur'an MTsN 6 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Munawaroh, Kholifatul (2022) Penerapan Metode Wahdah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Peserta Didik Pada Program Tahfidz Qur'an MTsN 6 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Kholifatul Munawaroh T20181013 Done.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kholifatul Munawaroh, 2022: Penerapan Metode Wahdah dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Peserta Didik pada Program Tahfidz Qur’an MTsN 6 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Indonesia itu penduduknya terbesar dimana Al-Qur’an menjadi pedoman hidup yang harus dibaca, dipahami, diamalkan dan dihafal. Salah satu aspek penting menjaga kemurnian Al-Qur’an adalah menghafal. Dalam menghafal itu juga memerlukan metode yang tepat dalam menggunakannya, salah satunya metode wahdah. Metode wahdah adalah metode hafalan Al-Qur’an yang diterapkan dengan mengulang-ngulang hafalan Al-Qur’an sebanyak 10 kali di depan ustadz hingga benar-benar hafal. Oleh karena itu metode wahdah ini selain bisa memudahkan peserta didik untuk mengingat hafalan Al-Qur’annya, mereka juga dapat mengamalkan ayat Al-Qur’an dengan baik. Metode wahdah dipilih sebagai proses hafalan Qur’an pada jenjang MTs dikarenakan metode ini paling efektif untuk mencapai target hafalan Qur’an yang ditentukan.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode wahdah dalam meningkatkan kualitas hafalan peserta didik pada program tahfidz Qur’an MTsN 6 Jember tahun pelajaran 2021/2022? 2) Apa saja faktor pendukung penerapan metode wahdah dalam meningkatkan kualitas hafalan peserta didik pada program tahfidz Qur’an MTsN 6 Jember tahun pelajaran 2021/2022? 3) Apa saja faktor penghambat dan solusi penerapan metode wahdah dalam meningkatkan kualitas hafalan peserta didik pada program tahfidz Qur’an MTsN6 Jember tahun pelajaran 2021/2022? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan metode wahdah dalam meningkatkan kualitas hafalan peserta didik pada program tahfidz Qur’an MTsN 6 Jember tahun pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung penerapan metode wahdah dalam meningkatkan kualitas hafalan peserta didik pada program tahfidz Qur’an MTsN 6 Jember tahun pelajaran 2021/2022. 3) Mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi penerapan metode wahdah dalam meningkatkan kualitas hafalan peserta didik pada program tahfidz Qur’an MTsN 6 Jember tahun pelajaran 2021/2022?. Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka yang dapat disimpulkan adalah: 1) Penerapan metode wahdah dilakukan dengan cara menghafal satu persatu ayat yang akan dihafal berulang-ulang sebanyak 10 kali, 20 kali atau lebih unuk mencapai kualitas hafalan yang baik guru menilai bacaan saat hafalan melaui kaidah tajwid, kefasihan dan kelancaran hafalan saat setoran kepada guru. Kebanyakan peserta didik mendapatkan predikat B (baik) dari segi tajwid, kefashihan, dan kelancaran saat storan hafalan kepada ustadz. 2) Kegiatan hafalan Al-Qur’an tidak lepas dari faktor pendukung yang menjadi keberhasilan dalam meningkatkan kulitas hafalan. Faktor pendukung penerapan metode wahdah dalam meningkatkan kualitas hafalan yaitu tersedianya meja, rak Al-Qur’an, Al-Qur’an, dan bacaan Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid. 3) Hal-hal yang menjadi penghambat dalam proses kegiatan hafalan sehingga menyebabkan kualitas hafalan peserta didik menurun yaitu lupa terhadap ayat yang dihafal dikarenakan malas muroja’ah, menghafal ayat terlalu panjang, tidak tersedianya Al-Qur’an khusus hafalan maupun sarana prasarana dalam penerapan program tahfidz. Supaya kegiatan hafalan Al-Qur’an berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan tentunya ada sousi agar permasalahan yang terjadi bisa terpecahkan. Solusinya adalah memberikan motivasi kepada peserta didik, memberi hukuman kepada peserta didik, dan membimbing peserta didik agar tetap muroja’ah.

Kata Kunci: Metode wahdah, kualitas hafalan, program tahfidz Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Kholifatul Munawaroh
Date Deposited: 14 Jan 2023 05:55
Last Modified: 14 Jan 2023 05:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17275

Actions (login required)

View Item View Item