PEMBELAJARAN KITAB RISALATUL MAHID DALAM MEMAHAMI HAID DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM BULUGADING LANGKAP BANGSALSARI JEMBER TAHUN 2022

Amalia, Nur Farida (2022) PEMBELAJARAN KITAB RISALATUL MAHID DALAM MEMAHAMI HAID DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM BULUGADING LANGKAP BANGSALSARI JEMBER TAHUN 2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AMALIA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid Dalam Memahami Haid.
Haid merupakan darah yang keluar dari farji wanita pada setiap bulannya, hal itu dapat mempengaruhi ibadahnya. Dalam melakukan ibadah kesehariannya seperti sholat dan puasa wanita yang sedang dalam keadaan haid. Namun,kenyataannya belum banyak santri perempuan yang belum memahami tentang permasalahan haid, dengan demikian setiap wanita wajib mengetahui dan mempelajaru hukum haid dan syarat haid secara mendalam.
Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran Kitab Risalatul Mahid dalam memahami haid di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember, 2) bagaimana evaluasi pembelajaran Kitab Risalatul Mahid dalam memahami haid di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Lanngkap Bangsalsari Jember.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Kitab Risalatul Mahid dalam memahami haid di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading, 2) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Kitab Risalatul Mahid dalam memahami haid di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember.
Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Lokasi penelitian di pondok pesantern Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember. Metode pengambilan sabyek penelitian menggunkan metode purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan moled intraktif milles huberman dan saldana, kondensasi data, penyajian data, dan validitas. Sedangkan keabsahan data menggunkan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian yang didapakan penulis, yaitu: 1) Pelaksanaan pembelajaran Kitab Risalatul Mahid yang dilakukan 4x pertemuan dalam 1hari dengan menggunkan metode ceramah, sorogan, hafalan, tanya jawab, dan juga medianya papan tulis, spidol, penghapun dan buku panduan Kitab Risalatul Mahis. 2) Pada hasil proses evaluasi pembelajaran Kitab Risalatul Mahid ada evaluasi formatif dan evaluasi sumatif, adapun evaluasi formatif yaitu dilakukan setelah isya’ dengan terselesainya materi dalam 1 hari menggunakan metode tanya jawab, dan evaluasi sumatif dilakukan evaluasi perminggu dan juga bulan guna mengetahui seberapa paham dalam memahami haid dalam 1 bulan lamanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Farida Amalia
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:17
Last Modified: 13 Jan 2023 03:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17276

Actions (login required)

View Item View Item