PERAN PEREMPUAN BURUH ARANG DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI DUSUN LOJIH DESA JETIS KECAMATAN CURAHDAMI KABUPATEN BONDOWOSO 2021/2022

Zainul, Arifin (2022) PERAN PEREMPUAN BURUH ARANG DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI DUSUN LOJIH DESA JETIS KECAMATAN CURAHDAMI KABUPATEN BONDOWOSO 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZAINUL ARIFIN watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Zainul Arifin, 2022: Peran Perempuan Buruh Arang Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Disusun Lojih Desa Jetis Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso.
Kata Kunci: Peran, Perempuan, Ekonomi,
Kata perempuan berasal dari kata empu yang berarti gelar kehormatan yang berarti tuan atau seorang yang ahli (khususnya dalam pembuatan keris). Setelah kata empu mendapatkan tambahan awalan per dan akhiran an, maka memiliki makna orang (perempuan yang mempunyai vagina, dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak dan menyusui), sedangkan Perempuan adalah perempuan dewasa, namun sebuah teks dalam perjalanan waktu akan mengalami perubahan makna, baik penyempitan maupun perluasan makna, yang pada waktu dulu berkonotasi negatif sekarang menjadi positif. Begitupun sebaliknya, pemilihan kata perempuan disini karena pada saat ini kata perempuan memiliki makna yang lebih positif dibanding dengan Perempuan.
Adapun fokus penelitian ini adaalah: 1) Bagaimana Peran Perempuan Buruh Arang Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Dusun Lojih Desa Jetis Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso ? 2) Bagaimana dampak peran ganda perempuan terhadap perekonomian dan kehidupan rumah tangga Di Dusun Lojih Desa Jetis Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso ? 3) Bagaimana pandangan islam terhadap peran ganda perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga Di Dusun Lojih Desa Jetis Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso ?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan di Dusun Lojih Desa Jetis Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso dimana tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi serta pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi, keabsahan data, triangulasi tekhnik dan sumber.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Peran perempuan dalam kehidupan ekonomi yang dilakukan perempuan di Desa Jetis ialah sebagai Buruh arang dari jenis pekerjaan yang dilakukan tersebut perempuan mampu memberikan kontribusi penting dalam rumah tangga yaitu membantu memenuhi kebutuhan keluarganya tersebut. 2) Peran perempuan dalam kehidupan Rumah dilakukan seperti kegiatan perkawinan, kematian dan pengajian agama atau yasinan. 3) Pandangan islam terhadap peran ganda perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga Di Dusun Lojih Desa Jetis Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso yakni hukumnya berupa Wajib karena perempuan juga harus ikut andil dalam mmenuhi kehhidupan keluarganya apabila suami tidak mampu (meninggal) dalam bekerja, haram apabila suami masih mampu menafkahi kelurga nya serta mubah apabila suami mengizinkan istrinya untuk sama-sama membantu bekerja.
Kesimpulan dari penelitian penelitian ini adalah: Peran Perempuan Buruh Arang Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Dusun Lojih Carahdami Bondowoso sangat berpengaruh dalam perekonomian keluarga perempuan, bekerja melalui Home Industry arang untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga dan membantu suami dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Peran perempuan tidak hanya terjadi terhadap kegiatan perekonomian saja, akan tetapi berdampak pada Kegiatan rumah tangga. Hal tersebut erat kaitannya dengan sosial yakni berhubungan dengan manusia dan lingkungan. Kegiatan tersebut seperti perkawinan dan kematian. Kegiatan yang bersifat ritual keagamaan seperti pengajian agama atau yasinan. Dan kegiatan yang mempunyai unsur ekonomi, seperti kegiatan arisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169901 Gender Specific Studies
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Zainul Arifin Zain
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:09
Last Modified: 13 Jan 2023 01:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17278

Actions (login required)

View Item View Item