Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Kegiatan Di Laboratorium Visual Spasial Pada Kelompok A Di Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember Tahun 2020

Dewi, Helsy Silvya (2020) Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Kegiatan Di Laboratorium Visual Spasial Pada Kelompok A Di Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember Tahun 2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Helsy Silvya Dewi_T20165026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap lembaga sekolah yang di bangun akan mempunyai makna apabila dapat menjalankan peran sebaik-baiknya, dimana peran tersebut berhubungan dengan keberadaan, tugas dan fungsinya. Poin pertama dalam proses kegiatan belajar mengajar di Lembaga Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember adalah sebagai sekolah yang berbasis Laboratorium Multiple Intellegences, tidak hanya melatih kecerdasan visual spasial anak saja, namun menstimulus kecerdasan majemuk lainnya melalui sarana belajar yang menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan kreativitas dengan membuat hasil karya. Fokus penelitian : 1), Bagaimana kecerdasan visual spasial anak di Laboratorium Visual Spasial di RA Ulul Albab tahun 2020? 2), bagaimana meningkatkan kecerdasan visual spasial melalui kegiatan menggambar finger painting, kegiatan memilih mewarnai menempel, kegiatan menyusun bentuk geometri, dan kegiatan kolase di Laboratorium Visual Spasial Di RA Ulul Albab tahun 2020?. Tujuan penelitian yaitu 1), Untuk mendiskripsikan kecerdasan visual spasial anak di Laboratorium Visual Spasial di RA Ulul Albab tahun 2020. 2), Untuk mendiskripsikan perkembangan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan menggambar finger painting, kegiatan memilih mewarnai menempel, kegiatan menyusun bentuk geometri, dan kegiatan kolase di Laboratorium Visual Spasial Di RA Ulul Albab tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember. Dilaksankan pada tanggal 30 Januari 2020 sampai tanggal 26 Februari 2020. Informan : 1), Siti Maisaroh selaku Kepala RA Ulul Albab. 2), Ika Yerry Kusmayanik selaku guru Laboratorium. 3), Peserta didik di Laboratorium Visual Spasial sebanyak 10 siswa, dengan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduksi, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil penelitian : 1), Kecerdasan visual spasial anak di Laboratorium Visual Spasial pada kelompok A di RA Ulul Albab tahun 2020 adalah setiap siswa dapat meningkatkan kecerdasan visual spasialnya. 2), Meningkatkan kecerdasan visual spasial anak di laboratorium visual spasial melalui kegiatan menggambar finger painting, kegiatan memilih mewarnai, kegiatan menyusun bentuk geometri, dan kolase pada kelompok A di RA Ulul Albab tahun 2020 adalah dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial pada anak yang belum berkembang melalui perencanaan pembelajara, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, menggunakan makna belajar melalui bermain sehingga hasil dari pembelajaran dapat tercapai sesuai tahapan perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 07 Apr 2021 07:04
Last Modified: 07 Apr 2021 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item