OPTIMALISASI MANAJEMEN MASJID DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAKMURAN MASJID DARUS SALAM DESA SUKOREJO KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER

Nauvan, Eka F S (2023) OPTIMALISASI MANAJEMEN MASJID DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAKMURAN MASJID DARUS SALAM DESA SUKOREJO KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nauvan Eka F S R WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

NAUVAN EKA FANINDRA SANUSI, 2022: OPTIMALISASI MANAJEMEN MASJID DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAKMURAN MASJID DARUS SALAM DESA SUKOREJO KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER

KATA KUNCI: Optimalisasi, Manajemen, Masjid, Makmur, Masjid Darus Salam Sukorejo Bangsalsari Jember.

Permasalahan yang terjadi pada masjid saat ini adalah kurangnya aktivitas di masjid sehingga masjid tersebut sepi atau tidak aktif dan hanya ramai di hari-hari tertentu. Masyarakat memandang masjid hanya sebagai tempat ibadah magdhah, padahal masjid juga dapat menjadi tempat kegiatan ibadhah ghairu maghdah sehingga masjid kurang ramai dan tidak optimal, selain itu kurangnya stimulan dari pengurus masjid dalam mempengaruhi masyarakat agar berpatisipasi dalam memakmurkan masjid.
Penelitian ini terdiri dari dua fokus penelitian: 1) Bagaimana optimalisasi manajemen masjid dalam upaya meningkatkan kemakmuran masjid Darus Salan di desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari kabupaten Jember?. 2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat optimalisasi manajemen masjid dalam upaya meningkatkan kemakmuran masjid Darus Salam di desa Sukorejo kecamatan Bangsalsari kabupaten Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi manajemen masjid Darus Salam dalam meningkatkan kemakmuran masjid dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat optimalisasi manajemen masjid Darus Salam dalam meningkatkan kemakmuran masjid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Optimalisasi manajemen masjid dalam upaya meningkatkan kemampuan masjid di masjid Darus Salam Sukorejo Bangsalsari Jember yaitu dengan mengoptimalkan 4 (empat) fungsi masjid yaitu, masjid sebagai tempat Baitullah, Baitul Qur'an, Baitul Ilmi, Baitul Mal yang disusun dengan perencanaan ke depan, pengorganisasian kepengurusan, pelaksanaan fungsi dan program masjid dan pengawasan terhadap pelaksanaan kinerja pengurus masjid Darus Salam. 2) a. Faktor pendukung optimalisasi manajemen masjid Darus Salam dalam meningkatkan kemakmuran masjid di Desa Sukorejo Bangsalsari Jember yaitu, berjalannya program kerja nyata dari empat fungsi masjid, b. Sedangkan faktor penghambat yaitu, minimnya pendidikan sehingga menyebabkan seseorang fanatik terhadap kepercayaannya sendiri sehingga menimbulkan konflik dan kurangnya empati dari pemuda yang lebih memilih have fun (mencari kesenangan) di luar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Nauvan Eka Fanindra Sanusi
Date Deposited: 13 Jan 2023 08:45
Last Modified: 13 Jan 2023 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17282

Actions (login required)

View Item View Item