MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN FAKIR MISKIN MELALU PEMBERDAYAAN ZAKAT OLEH BAZNAS KABUPATEN JEMBER

Muhammad Fatjri, Aris Sandi (2023) MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN FAKIR MISKIN MELALU PEMBERDAYAAN ZAKAT OLEH BAZNAS KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas KH Achmad Siddiq jember.

[img] Text
Fatjri Watermak acc.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sandi, Muhammad Fatjri Ari. Dr. Moch Chotib, S.Ag, M.M. 2022: Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Fakir Miskin Melalui Pemberdayaan Zakat Oleh BAZNAS Kabupaten Jember.
Peningkatan kesejahteraan fakir miskin dewasa ini terus digalakkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dengan berbagai strategi dan pendekatan. Hal ini dilandasi oleh keinginan yang kuat untuk meningkatkan kesejahteraan fakir miskin, sayangnya tidak dilandasi menejemen yang baik sehingga sering kali usaha peningkatan kesejahteraan fakir miskin yang dilakukan BAZNAS belum bisa tepat sasaran. Zakat merupakan salah satu Rukun Islam yang memiliki dua dimensi, yaitu dimensi ketuhanan dan dimensi kemanusian.
Adapun Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pemberdayaan zakat oleh BAZNAS Jember? 2) Bagaimana manajemen strategi dalam meningkatkan kesejahteraan fakir miskin melalui pemberdayaan zakat oleh BAZNAS Kabupaten Jember?.
Sementara tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Pemberdayaan zakat oleh BAZNAS Jember 2) Untuk mendeskripsikan manajemen strategi dalam meningkatkan kesejahteraan fakir miskin melalui pemberdayaan zakat oleh BAZNAS Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan di BAZNAS Kabupaten Jember, dimana Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi serta Pengumpulan data, Reduksi data, Display data, Verifikasi. Sementara untuk keabsahan/validasi data menggunakan triagulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Pengelolaan zakat di BAZNAS Kabupaten Jember sudah dapat dikatakan baik dan telah sesuai dengan ketentuan syariah, sehingga dana zakat di Kabupaten Jember dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 2) BAZNAS Kabupaten Jember menyalurkan dana zakat kepada empat golongan mustahik saja, yaitu fakir, miskin, gharimin, dan fi-sabilillah.

Kata Kunci: Manajemen, Fakir Miskin, BAZNAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Depositing User: MZW Muhammad Fatjri Aris Sandi
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:50
Last Modified: 13 Jan 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17285

Actions (login required)

View Item View Item