Pemberdayaan Masyarakat Melalaui Industri Batu Bata Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Dusun Pulorejo Desa Menampu Kecamatan Gumukmas

Hakim, Lukman (2023) Pemberdayaan Masyarakat Melalaui Industri Batu Bata Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Dusun Pulorejo Desa Menampu Kecamatan Gumukmas. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lukman Hakim_D20182012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Industri batu bata merupakan usaha yang dianggap cukup baik untuk dikembangkan dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Dengan meningkatnya infrastruktur seperti perumahan, gedung pendidikan, maupun bangunan lainnya yang mana semua bangunan tersebut pastinya membutuhkan bahan baku dalam proses pembuatannya, dan batu bata merupakan salah satu bahan baku yang sangat dIbutuhkan. Oleh karena itu, masyarakat Dusun Pulorejo menjadikan industri batu bata sebagai wujud pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Pertama, bagaimana pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui industri batu bata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Dusun Pulorejo. Kedua, bagaimana dampak pemberdayaan masyarakat melalui industri batu bata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Dusun Pulorejo. Ketiga, bagaimana hambatan pemberdayaan masyarakat melalui industri batu bata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Dusun Pulorejo. Sedangkan tujuan dari penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan, dampak, dan hambatan pemberdayaan masyarakat melalui industri batu bata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Dusun Pulorejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Lokasi penelitian bertempat di Dusun Pulorejo Desa Menampu Kecamatan Gumukmas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui industri batu bata di Dusun Pulorejo melalui 3 tahap, yakni membangun kesempatan yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang, berpartisipasi untuk melancarkan pelaksanaan pemberdayaan, dan meningkatkan kemampuan. 2. Dampak pemberdayaan masyarakat melalui industri batu bata dibagi menjadi 2 yakni dampak positif yang meliputi meningkatnya pendapatan dan terbukanya lapangan pekerjaan, dampak negatifnya terdapat lubang bekas galian dan bau tidak sedap yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat. 3. Hambatan yang dialami adalah permasalahan dalam pemilihan penggunaan alat produksi dan faktor cuaca.
Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Industri Batu Bata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160403 Social and Cultural Geography
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mr lukman hakim
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:08
Last Modified: 13 Jan 2023 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17286

Actions (login required)

View Item View Item