KONSEP TABAYYUN UNTUK MENANGKAL BERITA HOAKS STUDI KOMPARATIF QS AL-HUJURAT AYAT 6 DALAM TAFSIR AL-MUNIR DAN ATH-THABARI

quthrun nada, barida (2023) KONSEP TABAYYUN UNTUK MENANGKAL BERITA HOAKS STUDI KOMPARATIF QS AL-HUJURAT AYAT 6 DALAM TAFSIR AL-MUNIR DAN ATH-THABARI. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
BARIDA QUTHRUN NADA_U20181019.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 20 January 2023.

Download (1MB)
[img] Text
BARIDA QUTHRUN NADA_U20181019.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 20 January 2023.

Download (1MB)
Official URL: http://baridaquthrunnada@gmail.com

Abstract

Barida Quthrun Nada, 2023: “Konsep Tabayyun Untuk Menangkal Berita Hoaks Studi Komparatif QS Al-Hujurat Ayat 6 Dalam Tafsir Al-Munir Dan Tafsir Ath-Thabari”
Di zaman era digital ini perkembangan media informasi saat ini banyak memunculkan fenomena sosial yang terbilang berbahaya, yaitu salah satunya fenomena hoaks. Hoaks merupakan informasi atau berita yang berisi tentang hal-hal yang belum atau bahkan suatu berita yang benar-benar bukan merupakan fakta yang terjadi saat ini. Sebab terjadinya berita hoaks ini dikarenakan kebiasaan masyarakat sekitar yang menerima berita dalam unsur provokatif yang membuat berita itu tidak diketahui kebenarannya, informasi yang bersifat provokatif tersebar dalam lingkungan masyarakat mengakibatkan adanya pembaca terpengaruh emosi, perasaan, pikiran bahkan tindakan seseorang atau sekelompok untuk saling membenci dan dapat merugikan pihak yang ditiduh tersebut, sehingga dapat merusak reputasinya.
Berangkat dari permasalahan tersebut penulis mengambil tema tentang Konsep Tabayyun Untuk Menangkal Berita Hoaks Studi Komparatif QS Al-Hujurat Ayat 6 Dalam Tafsir Al-Munir Dan Tafsir Ath-Thabari. Fokus penelitian dalam skripsi ini dibangun atas tiga pertanyaan: 1) Bagaimana penafsiran Wahbah Al-Zuhaili dan Ibnu Jariri Ath-Thabari mengenai tabayyun terhadap berita hoaks dalam surat Al-Hujurat ayat 6? 2) Bagaimana perbandingan dalam penafsiran Wahbah Al-Zuhaili dan Ibnu Jariri Ath-Thabari mengenai tabayyun terhadap berita hoaks dalam surat Al-Hujurat ayat 6? 3) Bagaimana implikasi dari hasil penelitian kedua kitab tersebut?. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui penafsiran, perbedaan Wahbah Al-Zuhaili dan Ibnu Jariri Ath-Thabari mengenai tabayyun terhadap berita hoaks dalam surat Al-Hujurat ayat 6 dan mendeskripsikan hasil implikasi dari hasil penelitian kedua kitab.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pada riset kepustakaan (library research). Pendekatannya menggunakan muqaran (perbandingan), dengan mengumpulkan data kemudian ditelaah buku sehingga mendapatkan data-data yang berhubungan dengan kajian ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1. QS Al-Hujurat ayat 6 yang diinterpretasikan secara detail oleh Wahbah Az-Zuhaili dan Ibnu Jariri Ath-Thabari ini menampilkan penafsiran tentang pentingnya bertabayyun terhadap suatu berita yang diterima, sehingga berita tersebut memiliki kejelasan dan tidak merugikan orang lain. 2. Persamaan dan perbedaan dalam penafsiran yang mampu menjadi tolak ukur penafsiran mengenai konsep tabayyun untuk menangkal berita hoaks di era digital. 3. Hasil implikasi turunnya perintah tabayyun memiliki power dalam menjelaskan langkah bertabayyun agar berita komunikasi efektif untuk menjadi landasan yang dapat membangun.
Kata Kunci: Tabayyun, Hoaks, QS Al-Hujurat Ayat 6, Tafsir Al-Munir, Tafsir Ath-Thabari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Quthrun Nada Barida
Date Deposited: 16 Jan 2023 08:14
Last Modified: 16 Jan 2023 08:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17295

Actions (login required)

View Item View Item