Inovasi Produk Dan Pemasaran Model Event Dalam Mempertahankan Kearifan Lokal Di Kampung Tahu Desa Gitik Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi

Minati, Silfa (2023) Inovasi Produk Dan Pemasaran Model Event Dalam Mempertahankan Kearifan Lokal Di Kampung Tahu Desa Gitik Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Silfa Minati (E20182005).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Silfa Minati, Suprianik, S.E., M.Si 2022 : Inovasi Produk Dan Pemasaran Model Event Dalam Mempertahankan Kearifan Lokal Di Kampung Tahu Desa Gitik Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.

Inovasi produk merupakan kemampuan untuk mengembangkan ide dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan di kelola menjadi hal yang baru sehingga menghasilkan nilai tambah dan kepuasan untuk konsumen.
Fokus penelitian yang di teliti dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana inovasi produk dalam mempertahankan kearifan lokal di Kampung Tahu Desa Gitik Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana pemasaran model event di Kampung Tahu Desa Gitik Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui inovasi produk dalam mempertahankan kearifan lokal di Kampung Tahu Desa Gitik Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi” 2) untuk mengetahui pemasaran model Event di Kampung Tahu Desa Gitik Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis deskriptif dengan subyek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data deskriptif, untuk menguji keabsahan data dan peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Festival Kuliner Kampung Tahu Lan Sembarang Ono melakukan berbagai inovasi agar bisa bersaing dengan Festival yang lain. Inovasi produknya yang awalnya hanya berjualan olahan tahu kini berinovasi ke berbagai macam varian olahan tahu seperti Pizza Tahu, Brownis Tahu dll. Untuk inovasi proses mereka melakukan tester sebelum produk dijual. Untuk inovasi pemasarannya menggunakan online dan offline. Untuk inovasi jasa ada hiburan yang berbeda-beda. Untuk inovasi Organisasi setelah mengadakan acara Organisasi Rengit selalu mengadakan evaluasi. 2) produk yang dijual sebenarnya ingin mengikuti trend tetapi terbatas ketrampilan. Cara penerapan harga total biaya keseluruhan dibagi beberapa produk yang jadi kemudian ditambah biaya kerja. Promosi yang di terapkan ada dua cara pemasarannya menggunakan offline dengan cara mengajak saudara dan orang lain agar datang untuk online menyebarkan pamflet yang sudah ada. Tempat Festival sudah tersedia di google maps. Pelayanan yang dilakukan kepada konsumen menyediakan tempat untuk menikmati makanannya. Protokol kesehatan masih dijalankan. Untuk penataan stand ada tiga area, area pertama pelapak yang berjualan tahu, kedua olahan banyuwangi yang ketiga area bebas. Peralatan yang dimiliki Organisasi rengit yaitu meja, payung, soundsystem, lampu, mikrofon dan banner.
Kata Kunci : Inovasi Produk, Pemasaran, Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Silfa Minati
Date Deposited: 13 Jan 2023 08:55
Last Modified: 13 Jan 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17298

Actions (login required)

View Item View Item