Jual Beli Mystery Box di Marketplace Blibli Ditinjau dalam Perspektif Fiqh Muamalah

Kurniawan, Ach. Riefqy (2023) Jual Beli Mystery Box di Marketplace Blibli Ditinjau dalam Perspektif Fiqh Muamalah. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ACH. RIEFQY KURNIAWAN S20182051 FIX REV1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Maraknya perkembangan toko online saat ini mendorong marketplace Blibli untuk menciptakan sebuah inovasi dan kretifitas guna menarik minat konsumen. Salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen adalah dengan menggunakan sistem online bernama “Mystery box”. Mystery box adalah salah satu bentuk penawaran yang diberikan oleh Blibli. Konsumen membeli produk dengan membayar harga yang tertera, namun secara acak akan mendapatkan produk yang ditentukan oleh penjual.
Fokus yang diambil oleh peneliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana praktik jual beli mystery box di marketplace Blibli? (2) Bagaimana tinjauan fiqih muamalah terhadap praktik jual beli mystery box di marketplace Blibli? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli dengan sistem mystery box di marketplace Blibli dan mengetahui tinjauan fiqih muamalah terhadap praktik jual beli dengan sistem mystery box di marketplace Blibli.
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya berupa field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deksriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan perpanjangan telah pustaka dan kecukupan referensi.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Praktik jual beli dengan sistem mystery box di marketplace Blibli terjadi apabila pembeli telah melakukan pemesanan terhadap produk yang diinginkan. Untuk melakukan pemesanan mystery box di marketplace di marketplace Blibli dengan cara membuka aplikasi Blibli kemudian kearah kolom pencarian dan masukkan kata kunci “mystery box”. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan produk dengan deskripsi dan harga yang beragam. Konsumen dapat memilih produk yang diinginkan kemudian melakukan pengisian alamat pengiriman dan melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang telah ditentukan. Setelah melakukan pemesanan dan pembayaran, produk akan diproses oleh penjual, dan pembeli menunggu produk tersebut sampai di rumah. (2) Berdasarkan tinjauan perspektif fiqh muamalah, jual beli mystery box di marketplace Blibli bertentangan dengan rukun dan syarat jual beli, karena dalam praktik jual beli ini terdapat unsur ketidakjelasan terhadap barang yang diperjualbelikan, sehingga menyebabkan unsur gharar dalam jual beli. Dalam Al-Qur’an dan hadist sudah ditegaskan mengenai larangan jual beli yang mengandung unsur gharar. Dengan demikian praktik jual beli dengan sistem mystery box tidak dibenarkan dalam syariat Islam.
Kata kunci: Jual beli, Mystery Box, Fiqh Muamalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ach. Riefqy Kurniawan
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:57
Last Modified: 17 Jan 2023 00:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17305

Actions (login required)

View Item View Item