Analisis Dramaturgi Mahasiswi Hijabers UIN KHAS Jember

Afandi, Gufron (2023) Analisis Dramaturgi Mahasiswi Hijabers UIN KHAS Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Gufron Afandi _ Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gufron Afandi, 2022 :Analisis Dramaturgi Mahasiswi Hijabers UIN KHAS Jember
Kata Kunci : Mahasiswi Hijabers UIN KHAS Jember, Dramaturgi, Panggung Depan dan Panggung Belakang
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ataupun menggambarkan kedua sisi dariMahasiswi Hijabers UIN KHAS Jember yang memiliki pergaulan bebas dan tergolong dalam kenakalan remaja ditelisik dari sudut pandang Dramaturgi. Sub fokus pada penelitian ini yaitu front stage, back stagedan juga Seni Drama dari Mahasiswi Hijabers di Kampus UIN KHAS Jember. Dari beberapa sub fokus tersebut diharapkan dapat mengerucutkan arah penelitian agar mendapatkan hasil yang diharapkan sesuai dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan netnografi dan objek penelitiannya adalah mahasiswa Hijaber di Kampus UIN KHAS Jember.
Pemilihan informan menggunakan metode purpose dan metode snowball sampling, informan penelitian berjumlah delapan orangdari mahasiswi UIN KHAS Jember.Perolehan data penelitian ini berasal dari wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, penelusuran data online, dan juga studi pustaka.Teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulann, dan evaluasi. Serta uji keabsahan data dengan cara teknik triangulasi, diskusi dengan teman sejawat serta arahan atau bimbingan dari dosen pembimbing.
Dengan demikian berdasarkan penelitian diatas Hasil penelitian menunjukan bahwa Panggung depan (front stage) Mahasiswi Hijaber UIN KHAS Jember menggunakan sebuah topeng dan diperankan di atas panggung pertunjukan dengan latar panggung pertunjukan mereka sebagai mahasiswa pada umumnya.Panggung Belakang (Back Stage) Mahasiswi Hijabers UIN KHAS Jember menampilkan sosok yang seutuhnya terlepas dari peraturan selama di Kampus.
Para Hijabers bebas melakukan apa saja dengan melepaskan semua atribut yang berkaitan dengan kampus, melepas kerudung, menggunakan pakaian sexy bahkan dari beberapa informan terindikasi melakukan tindakan perzinahan. Sedangkan seni drama yang dilakukan oleh Hijabers dalam penelitian ini yakni berupaya tampil sesuai dengan tempatnya. Saat dikampus dia akan menjadi mahasiswi pada umumnya (front stage) dan menanggalkan kerudung serta atribut mahasiswa lainnya saat berada diluar kampus (Back Stage).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190301 Journalism Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Gufron Afandi
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:15
Last Modified: 13 Jan 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17309

Actions (login required)

View Item View Item