PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN OLEH YAYASAN JEMBER BERBAGI BERKAH BERSAMA DI DESA SEMBORO KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER

Nur, Holifah (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN OLEH YAYASAN JEMBER BERBAGI BERKAH BERSAMA DI DESA SEMBORO KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NUR HOLIFAH (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Nur Holifah: Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mengentaskan Kemiskinan Oleh Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama di Desa Semboro Kecamatan Semboro Kabupaten Jember

Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama, Program-Program Yayasan

Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama adalah sebuah komunitas pemuda muslim yang memiliki tujuan atau ambisi yang sama untuk saling bersinergi dan bermanfaat untuk orang lain. Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama memiliki tujuan untuk mengelola kegiatan dibidang sosial kemanusiaan dan keagamaan, pemberdayaan dan pengembangan potensi pemuda, dan mewujudkan kesejahteraan kehidupan bagi masyarakat pra sejahtera. Program-program yang dilaksanakan oleh Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan. Melalui program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan, mampu memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyararakat.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.
Fokus penelitian: 1. Apa bentuk pemberdayaan masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan yang dilakukan oleh Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama? 2. Apa saja peluang dan hambatan pemberdayaan masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan yang dilakukan oleh Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama.
Tujuan penelitian: untuk mengetahui bentuk pemberdayaan masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan yang dilakukan oleh Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama, dan untuk mengetahui apa saja peluang dan hambatan pemberdayaan masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan yang dilakukan oleh Yayasan Jember Berbagi Berkah Bersama.
Hasil penelitian: program yayasan yang rutin dilakukan hingga saat ini yaitu: program jum’at berbagi, nasi dan minum gratis, air mineral keluarga duka, perbaikan infrastruktur, peduli guru ngaji dan wakaf produktif. Namun yang termasuk kedalam pemberdayaan masyarakat hanya wakaf produktif. Peluang yang didapatkan adalah memaksimalkan media sosial, komunikasi dan koordinasi yang baik dalam tim, bekerja sama dengan komunitas-komunitas pemuda dan bekerja sama dengan lembaga-lembaga di Desa Semboro dan sekitarnya. Hambatan yang dihadapi oleh yayasan adalah goyahnya komitmen para anggota

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mis Nur Holifah
Date Deposited: 13 Jan 2023 08:26
Last Modified: 13 Jan 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17311

Actions (login required)

View Item View Item