Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Dalam Membangun Loyalitas Dan Meningkatkan Jumlah Nasabah Kredit Pemilikan Rumah Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Bank BTN KC. Jember).

Sajadi, Hamdan Arifin (2023) Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Dalam Membangun Loyalitas Dan Meningkatkan Jumlah Nasabah Kredit Pemilikan Rumah Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Bank BTN KC. Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hamdan Arifin Sajadi_E20181015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hamdan Arifin Sajadi, Prof. Dr. H. Babun Suharto, S.E., M.M, 2022: Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Dalam Membangun Loyalitas Dan Meningkatkan Jumlah Nasabah Kredit Pemilikan Rumah Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Bank BTN KC. Jember).
Dalam dunia perbankan saat ini, pelanggan tidak hanya sumber pendapatan mereka saja, namun ada suatu kegiatan pemeliharaan hubungan yang dibangun memalui Customer Relationship Management (CRM) dengan tujuan untuk menjaga kepercayaan pelanggan.
Fokus penelitian pada penelitian skrisi ini yaitu: 1) Bagaimana Strategi Program Customer Relationship Management (CRM) Dalam Membangun Loyalitas dan Meningkatkan Jumlah Nasabah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Bank BTN KC. Jember? 2) Apakah Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Bank BTN KC. JemberMemberikan Pengaruh Dalam Membangun Loyalitas dan Meningkatkan Jumlah Nasabah Kredit Pemilikan Rumah Dimasa Pandemi Covid-19?
Tujuan penelitian ini untuk 1) Mengetahui Strategi Program Customer Relationship Management (CRM) Dalam Membangun Loyalitas dan Meningkatkan Jumlah Nasabah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Bank BTN KC. Jember 2) Mengetahui Pengaruh Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Bank BTN KC. Jember Dalam Membangun Loyalitas dan Meningkatkan Jumlah Nasabah Kredit Pemilikan Rumah Dimasa Pandemi Covid-19.
Untuk mengidentifikasikan masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini termasuk katageri penelitian lapangan. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian yang merupakan format deskrptif kualitatif yaitu suatu kejadian peristiwa yang terjadi pada masa sekarang.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. Bahwa Strategi Program Customer Relationship Management (CRM) dalam membangun Loyalitas dan meningkatkan jumlah nasabah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dimasa Pandemi Covid-19 adalah tidak hanya sebagai alat pemasaran saja, melainkan juga sebagai strategi customer relationship untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan, hal tersebut dianggap lebih efesien daripada bersaing dengan perusahaan lainnya. 2. Bahwa Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Bank BTN KC. Jember Memberikan Pengaruh Dalam Membangun Loyalitas dan Meningkatkan Jumlah Nasabah Kredit Pemilikan Rumah Dimasa Pandemi Covid-19 adalah dengan menggunakan Teknologi CRM karena hal tersebut memungkinkan manajemen untuk mengelola data pelanggan dan membangun informasi serta pengetahuan tentang pelanggan mereka diantaranya menggunakan Email, telepon, Web, Call Center dan WhatsApp.
Kata kunci :Implementasi, Customer Relationship Management, KPR

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Sajadi Hamdan Arifin
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:22
Last Modified: 17 Jan 2023 03:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17312

Actions (login required)

View Item View Item