Analisis Manajemen Masjid Besar Daarul Muttaqien Balung Kabupaten Jember Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Salmah, Ivana (2020) Analisis Manajemen Masjid Besar Daarul Muttaqien Balung Kabupaten Jember Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Ivana Salmah_D20164004.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang sedemikian rupa telah membawa kita pada era yang penuh tantangan yakni era revolusi industri 4.0 atau bisa disebut pula dengan era digitalisasi. Revolusi industri 4.0 mengubah cara manusia berpikir, hidup, dan berhubungan satu sama lainnya. Era tersebut menawarkan kemudahan yang tak jarang membuat seseorang terlena dalam kehidupan dunia bahkan hingga melupakan agama. Sebagai penyelenggara kegiatan dakwah, masjid berperan penting dalam hal membimbing umat. Strategi yang dilakukan disesuaikan dengan kebiasaan jamaah 4.0 (sebagai individu yang mengikuti perkembangan zaman). Pihak masjid ditantang untuk selalu berinovasi dalam melaksanakan tanggung jawabnya, sehingga upaya memakmurkan masjid lebih beragam. Peradaban 4.0 tidak menjadi halangan bagi masjid untuk mendekatkan umat pada Rabb-Nya. Sebalikunya, era 4.0 merupakan sebuah peluang besar untuk mengembangkan potensi masjid sehingga dapat memaksimalkan fungsi-fungsinya. Fokus penelitian yang diangkat dalam skripsi ini adalah : 1) bagaiamana pelaksanaan manajemen Masjid Besar Daarul Muttaqien Balung Kabupaten Jember dalam menghadapi era revolusi industri 4.0? 2) apakah faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan manajemen Masjid Besar Daarul Muttaqien Balung Kabupaten Jember dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, lantas bagaimana analisisnya? Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen Masjid Besar Daarul Muttaqien Balung Kabupaten Jember dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Sekaligus untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan manajemen Masjid Besar Daarul Muttaqien Balung Kabupaten Jember dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Indentifikasi masalah terlebut dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, yakni mendeskripsikan pengelolaan khususnya manajemen Masjid Besar Daarul Muttaqien Balung Kabupaten Jember dalam menghadapai era revolusi industri 4.0. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan; 1) Pelaksanaan manajemen Masjid Besar Daarul Muttaqien Balung Kabupaten Jember dilaksanakan sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controlling. Penerapan fungsi masjid yakni idarah, imarah dan ri’ayah berupa kegiatan membenahi fisik masjid seperti penyempuranaan fasilitas dan pembangunan bangunan masjid sebelum kemudian membentuk jiwa masjid sebagai upaya untuk menghidupkan masjid. Penerapan tersebut juga dilaksanakan dengan memanfaatkan media digital seperti pengunggahan video khutbah jum’at pada kanal Youtube hasil kerjasama dengan TV setempat. Selain itu juga memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Whatsapp. Media dakwah tersebut dirasa memudahkan Masjid dalam menyiarkan ajaran Islam, selain itu jangkauannya juga luas sehingga siapapun dapat mengaksesnya. 2) Berdasarkan analisis SWOT faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan manajemen Masjid Besar Daarul Muttaqien Balung Kabupaten Jember dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, diketahui posisi masjid tersebut yang berada pada kuadran I dengan strategi growth diantaranya, a) Saling bekerja sama atau bahu membahu dengan jamaah disamping kerja sama dengan pihak luar dalam menjalankan kegiatan masjid sehingga bukan hanya fungsifungsi masjid dapat terlaksana melainkan pula hubungan baik dapat terjalin. b) Memanfaatkan media digital seperti media sosial sebagai media syi’ar dakwah Islam di tengah tantangan era 4.0. Sekaligus sebagai media komunikasi antara masjid dengan masyarakat seperti memberikan informasi tentang kegiatan masjid. c) Memanfaatkan sarana dan prasarana atau fasilitas masjid sebagai usaha untuk mempertahankan tingkat pelayanan masjid. d) Memaksimalkan lokasi yang strategis untuk menarik minat jamaah lebih banyak lagi. e) Mempelajari dan mempraktikkan kinerja masjid lain yang memiliki manajerial terbaik agar dapat menyusul pencapaian tersebut. f) Memanfaatkan sumber dana yang ada untuk merancang kegiatan baru yang inovatif sebagai upaya untuk menarik minat umat agar lebih bersemangat dalam memakmurkan masjid. Kata kunci: Manajemen Masjid, Revolusi Industri 4.0, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 08 Apr 2021 01:52
Last Modified: 08 Apr 2021 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1732

Actions (login required)

View Item View Item