Hubungan antara perfeksionisme dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir yang sedang menyusun skripsi di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Nurmaidah, Siti (2023) Hubungan antara perfeksionisme dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir yang sedang menyusun skripsi di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NURMAIDAH _D20185039.pdf

Download (9MB)

Abstract

Skripsi merupakan syarat mutlak yang wajib dirampungkan sebelum seorang mahasiswa dinyatakan lulus dan bisa mendapatkan gelar sarjana strata satu (S1). Dalam proses pengerjaan skripsi, mahasiswa tentu tidak akan luput dari berbagai kendala yang mungkin terjadi. Banyaknya kendala yang dialami tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan mahasiswa melakukan perilaku menunda-nunda pengerjaan skripsi atau yang biasa disebut dengan prokrastinasi akademik. Salah satu hal yang dapat menjadi sebab seorang mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik adalah adanya sikap perfeksionisme yang dimiliki oleh individu, yang mana sikap perfeksionisme dapat menyebabkan mahasiswa menetapkan standar yang tidak rasional selama proses pengerjaan skripsi hingga melakukan prokrastinasi akademik untuk memenuhi standar yang ditetapkan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya hubungan antara perfeksionisme dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir yang sedang menyusun skripsi di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 148 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan product momen’t pearson dengan bantuan program SPSS 25.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan nilai pearson correlation sebesar 0.413 (rhitung ˃ rtabel – 0.413 ˃ 0.161) dan nilai sig. 0.000 ˃ 0.05 dengan nilai pearson correlation berada pada kategori sedang. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang signifikan antara perfeksionisme dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir yang sedang menyusun skripsi. Hal tersebut juga menjelaskan jika keyakinan yang tidak rasional untuk ideal dan sempurna dalam menyusun skripsi pada mahasiswa dapat mengarahkan mahasiswa pada perilaku prokrastinasi akademik.
Kata kunci: Perfeksionisme; prokrastinasi akademik; skripsi; mahasiswa akhir

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Depositing User: Miss Siti Nurmaidah
Date Deposited: 16 Jan 2023 00:33
Last Modified: 16 Jan 2023 00:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17334

Actions (login required)

View Item View Item