Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Tirta Agung Dusun Sokleh Selatan Desa Sukosari Kidul Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso

Farida, Ayu (0005) Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Tirta Agung Dusun Sokleh Selatan Desa Sukosari Kidul Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ayu Farida - D20172015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ayu Farida, 2022: Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Tirta Agung di Dusun Sokleh Selatan Desa Sukosari Kidul Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso
Desa Sukosari merupakan salah satu desa yang memiliki potensi alam yang indah. Kurangnya kesadaran masyarakat Desa Sukosari membuat potensi desa yang dimiliki Desa Sukosari Kidul tidak terlihat keindahannya. Pemberdayaan masyarakat merupakan program yang tepat untuk diimplementasikan dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya dalam mengangkat potensi alam hingga dibentuk suatu desa wisata dan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.
Penelitian ini difokuskan pada: 1. Bagaimana latar belakang menemukan potensi waduk dan faktor pemicu terbentuknya Desa Wisata Tirta Agung di Dusun Sokleh Selatan Desa Sukosari Kidul Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso? 2. Bagaimana keterlibatan masyarakat dalam pengembangan desa wisata Tirta Agung Desa Sukosari Dusun Sokleh Selatan Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso? 3. Apa saja faktor pendukung dan penghambat partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata Tirta Agung Desa Sukosari Dusun Sokleh Selatan Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso. Untuk mengidentifikasi penelitian ini secara mendalam peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi
Hasil dari penelitian ini yaitu pengembangan Desa Wista Tirta Agung yang dilakukan di desa Sukosari terdiri dari partisipasi masyarakat secara langsung dalam pengembangan desa wisata tirta agung di desa Sukosari dan pengelolaan secara mandiri oleh masyarakat Desa Sukosari Kidul. Strategi yang digunakan yaitu pendekatan kesejahteraan, dan pendekatan pemberdayaan.
Faktor pendorong program ini adalah kesempatan, kemauan, dan kemampuan dari masyarakat yang belum optimal sepenuhnya. Sementara faktor penghambatnya antara rendahnya sumber daya manusia yang dimiliki serta terdapat sebagian masyarakat yang enggan berpartisipasi.
Simpulan penelitian ini adalah program pengembangan desa wisata yang dimplementasikan di desa Sukosari sebagian besar terlaksana pada pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah desa Sukosari. Antara lain meningkatkan perekonomian masyarakat, memberikan peran aktif kepada pemuda dan membangkitkan potensi Desa Sukosari Kidul yang masih belum tersentuh.
Kata Kunci: Pemberdayaan masyarakat, Pengembangan Desa Wisata, Partisipasi masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Ayu Farida
Date Deposited: 14 Jan 2023 08:18
Last Modified: 14 Jan 2023 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17338

Actions (login required)

View Item View Item