TINJAUAN AL-MASLAHAH TERHADAP PENGULANGAN AKAD NIKAH UNTUK LEGALITAS SURAT NIKAH (Studi Kasus KUA Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso)

Siti Norhasanah, Siti (2023) TINJAUAN AL-MASLAHAH TERHADAP PENGULANGAN AKAD NIKAH UNTUK LEGALITAS SURAT NIKAH (Studi Kasus KUA Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Norhasanah_S20161017.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Siti Norhasanah NIM (S20161017).pdf

Download (3MB)

Abstract

SITI NORHASANAH, 2022, Tinjauan Al-Maslahah Terhadap Pengulangan Akad Nikah Untuk Legalitas Surat Nikah (Studi Kasus KUA Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso)
Pernikahan dapat dikatakan sah apabila rukun dan syaratnya sudah terpenuhi, pada kalangan masyarakat banyak yang melakukan akad nikah namun masih ada yang belum tercatat sebagaimana yang terjadi pada beberapa desa di Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso sebagian dari masyarakatnya masih ada yang melakukan pernikahan dua kali akad, pertama dilakukan di hadapan tokoh masyarakat/agama dan akad kedua dilaksanakan di hadapan PPN (Pegawai Pencatat Nikah) yang berwenang dalam melegalkan sebuah pernikahan. Adapun masalah yang diteliti yaitu 1) bagaimana latarbelakang dan proses terjadinya pengulangan akad nikah untuk legalitas surat nikah di KUA Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso, 2) bagaimana tinjauan Al-Maslahah terhadap pengulangan akad nikah untuk legalitas surat nikah di KUA Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan(field reseach) dan pendekatan studi kasus dengan lokasi penelitian KUA Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso. Sumber data primer yaitu wawancara dengan pasangan yang melakukan pengulangan akad nikah, kepala KUA, penghulu, dan beberapa mudin dan data sekunder yaitu referensi lainnya yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dikaji.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) latar belakang dan proses terjadinya pengulangan akad nikah ada tiga, yang pertama untuk melegalkan pernikahan atau untuk memenuhi administrasi kependudukan, kedua adaanya ketidakjujuran dari pihak mempelai kepada PPN dan yang ketiga saran dari bapak modin setempat, 2) tinjauan Al-maslahah terhadap pengulangana akad nikah adalah merealisasikan kemaslahatan bagi setiap manusia dan menjauhkan hal-hal yang merugikan kedua pasangan yaitu dapat mengantisipasi pemalsuan identitas satatus kedua belah pihak, dapat terjamin karena sudah diakui dan sah secara agama dan negara, dan dapat mememlihara keturunan. Pengulangan akad nikah termasuk dalam maslahah mursalah karena tidak secara tegas diperintahkan oleh syara’ namun keberadaanya tidak ditentang oleh syara’ sebab banyak mengandung maslahat.
Kata kunci: Pernikahan, Pengulangan Akad, Al-maslahah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Miss Siti Norhasanah
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:27
Last Modified: 17 Jan 2023 00:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17339

Actions (login required)

View Item View Item