Peran Badan Usaha milik Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Desa Wisata di Desa Bermi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo

Jamila, Jamila (2023) Peran Badan Usaha milik Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Desa Wisata di Desa Bermi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
JAMILA_D20182008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Desa Bermi yakni salah satu desa di Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo, dan salah satu lembaga yang dimiliki Desa Bermi yaitu BUMDesa yang menurut Peraturan Menteri Dalam Negri Nomor 39 Tahun 2010, BUMDesa merupakan usaha desa yang dibentuk atau didirikan oleh pemerintah desa, dimana kepemilikan modal dan pengelolaannya dilaksanakan oleh pemerintah desa dan masyarakat, dan dalam hal tersebut memiliki peran dari lembaga yang mampu memberdayakan masyarakat dengan pelaksanaan program yang baik disetiap daerah melalui desa wisata yang memiliki daya tarik yang terdiri dari daya tarik alam, budaya, dan buatan. Berdasarkan kontes diatas yang telah dipaparkan, maka fokus masalah yang dianalisis dalam skripsi ini ialah: 1). Bagaimana peran BUMDesa dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan desa wisata di Desa Bermi Kecamatan Kabupaten Probolinggo? 2). Bagaimana faktor penghambat dan pendukung peran BUMDesa dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan desa wisata di Desa Bermi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo?. Tujuan masalah ini menjelaskan peran, faktor penghambat dan pendukung serta dampak BUMDesa dalam pemberdayaan masyarakat Desa Bermi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi serta didukung oleh data primer dan sekunder. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa adanya peran BUMDesa dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan desa wisata mampu membuat masyarakat berdaya dengan kapasitas peran dari BUMDesa seperti lapangan kerja yang dapat membantu keadaan ekonomi, dengan faktor pendukung dan sedikit hambatan yang dimiliki tidak sedikpun membuat lembaga tidak menjalankan perannya, sehingga berdampak baik bagi masyarakat di Desa Bermi.
Kata kunci: BUMDesa, Pemberdayaan Masyarakat, Desa Wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160404 Urban and Regional Studies (excl. Planning)
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miss Jamila Saja
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:11
Last Modified: 13 Jan 2023 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17341

Actions (login required)

View Item View Item