Pengembangan Ensiklopedia Berdasarkan Hasil Identifikasi Tumbuhan Angiospermae di Kawasan Taman Bunga Sumenep pada Materi Plantae untuk Siswa Kelas X MIPA di SMA Miftahul Ulum Sumenep

Sofiyanti, Sofiyanti (2022) Pengembangan Ensiklopedia Berdasarkan Hasil Identifikasi Tumbuhan Angiospermae di Kawasan Taman Bunga Sumenep pada Materi Plantae untuk Siswa Kelas X MIPA di SMA Miftahul Ulum Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SOFIYANTI T20188062.pdf

Download (16MB)

Abstract

Sofiyanti, 2023: Pengembangan Ensiklopedia Berdasarkan Hasil Identifikasi Tumbuhan Angiospermae di Kawasan Taman Bunga Sumenep pada Materi Plantae untuk Siswa Kelas X MIPA di SMA Miftahul Ulum Sumenep
Kata Kunci: Ensiklopedia, Angiospermae, Identifikasi, Plantae
Hasil wawancara dengan guru biologi SMA Miftahul Ulum Sumenep menyatakan bahwa sumber belajar yang digunakan di sekolah hanya terbatas pada LKS/LKPD yang hanya berisi uraian materi secara umum serta gambar yang disajikan hanya sebatas hitam putih, hal ini mengakibatkan siswa cenderung bosan dan kurang bersemangat untuk belajar. Sehingga perlu dikembangkan sumber belajar yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa berupa ensiklopedia. Ensiklopedia yang menarik dapat bersumber dari lingkungan sekitar atau potensi lokal yang ada di lingkungan sekitar siswa. Kawasan Taman Bunga Sumenep merupakan salah satu potensi lokal yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kevalidan ensiklopedia keanekaragaman angiospermae berdasarkan hasil identifikasi tumbuhan angiospermae di kawasan Taman Bunga Sumenep 2) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap ensiklopedia keanekaragaman angiospermae berdasarkan hasil identifikasi tumbuhan angiospermae di kawasan Taman Bunga Sumenep. 3) Untuk mendeskripsikan keefektifan ensiklopedia keanekaragaman angiospermae berdasarkan hasil identifikasi tumbuhan angiospermae di kawasan Taman Bunga Sumenep.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Miftahul Ulum Sumenep. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket, lembar wawancara, dan lembar pretest-posttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase rata-rata sebesar 92,5% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli media sebesar 92,73% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli bahasa memperoleh presentase sebesar 94,64% dengan kriteria sangat valid, validasi guru biologi memperoleh presentase sebesar 85,51% dengan kategori sangat valid. 2) Presentase rata-rata respon siswa sebesar 96,82% dengan kategori sangat baik. 3) Hasil uji t menggunakan Paired Sample T-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00<0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Ensiklopedia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ensiklopedia Angiospermae berdasarkan hasil identifikasi tumbuhan angiospermae di kawasan Taman Bunga Sumenep efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Sofiyanti Sofiyanti Robiansyah
Date Deposited: 14 Jan 2023 08:56
Last Modified: 14 Jan 2023 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17347

Actions (login required)

View Item View Item