Relasi sosial komunitas muslim dan kristen: studi living hadis di desa rejoagung semboro jember jawa timur

Firdaus, Achmadana (2023) Relasi sosial komunitas muslim dan kristen: studi living hadis di desa rejoagung semboro jember jawa timur. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmadana Syachrizal M.F_U20182023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Achmadanaa Syachrizal M.F, 2023: Relasi Sosial Komunitas Muslim dan Kristen: Studi Living Hadis di Desa Rejoagung Semboro Jember Jawa Timur
Kata Kunci: Rejoagung, Minoritas, Pernikahan lintas agama.
Membahas relasi Islam dan Kristen di Indonesia sendiri pernah terjadi beberapa kasus konflik keagamaan antara kedua agama samawi ini. Hal ini tidak dapat terlepas dari minimnya pemahaman pemeluknya kedua agama ini yang secara fundamental mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama. Salah satu penyebab yang utama adalah adanya usaha suatu kelompok untuk mendominasi kelompok lain. Rejoagung misalnya, sebagai desa yang penduduknya mayoritas Kristen Protestan dan memiliki aturan-aturan adat yang mengikat. Bagaimana relasi yang terbangun antara Komunitas Muslim dan Komunitas Kristen di Rejogung.
Fokun penelitian dalam skripsi ini adalah bagaiamana latar belakang terbentuknya komunitas Kristiani dan Muslim, bagaiamana relasi sosial kemasyarakatan dan sosial keagamaan antara komunitas Kristiani dan Muslim di Desa Rejoagung. Penelitian bertujuan untuk mengkaji realitas kehidupan minoritas muslim Rejoagung Khususnya latar belakang terbentuknya Komunitas Kristiani dan Muslim dan relasi sosial-kemasyarakatan dan sosial-keagamaan di Desa Rejoagung.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi yang berusaha untuk menggali dan mengungkapkan makna yang dihayati oleh minoritas muslim di Rejoagung. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah living hadis. Dalam menganalisis realitas kehidupan minoritas muslim di Rejoagung peneliti menggunakan hadis tentang pernikahan lintas agama dan relasi Muslim dan non muslim sebagai pisau analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan terkait latar belakang terbentuknya Komunitas Kristiani melalui migrasi penduduk dan terbentuknya Komunitas Muslim disebabkan oleh pernikahan. Pada aspek sosial-kemasyarakatan nilai-nilai gotong royong dan kemanusiaan merupakan landasan untuk membentuk keharmonisan antar umat beragama. Pada aspek sosial-keagamaan untuk umat Kristiani menggunakan nilai-nilai religius karena hal tersebut memang diajarkan oleh tokoh agama kristen. Sedangkan bagi umat Islam mereka masih menggunakan nilai-nilai humanis dan gotong royong sebagai landasannya. Beberapa bentuk relasi yang terjalin antara umat Muslim dan Kristiani Rejogung seperti unjung-unjung dan pernikahan lintas agama masih terdapat banyak polemik didalamnya karena dikalangan cendekiawan muslim terdapat banyak perbedaan pendapat. Mengenai keikut sertaan muslim dalam peribadatan umat lain bertujuan untuk menciptakan kedekatan dengan umat beragama lain, cendekiawan muslim bersepakat apapun motifnya hal tersebut tidak diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Achmadana Syachrizal M.F
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:41
Last Modified: 16 Jan 2023 01:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17353

Actions (login required)

View Item View Item