AYAT-AYAT MUTASYABIHAT PADA SIFAT ALLAH DALAM TAFSIR AL-QURTUBI DAN AL-MISHBAH (STUDI KAJIAN TAFSIR KOMPARATIF)

Achmadi, Lailatul Maulidia (2023) AYAT-AYAT MUTASYABIHAT PADA SIFAT ALLAH DALAM TAFSIR AL-QURTUBI DAN AL-MISHBAH (STUDI KAJIAN TAFSIR KOMPARATIF). Undergraduate thesis, Uniiversitas Islam Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Lailatul Maulidia Watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lailatul Maulidia, 2022: AYAT-AYAT MUTASYABIHAT PADA SIFAT ALLAH DALAM TAFSIR AL-QURTUBI DAN AL-MISHBAH (STUDI KAJIAN TAFSIR KOMPARATIF).
Kata Kunci: Ayat Mutasyabihat, al-Qurtubi, Al-Mishbah
Polemik tentang perdebatan terhadap ayat-ayat mutasyabihat hingga saat ini masih saja ramai diperbincangkan. Hal ini terjadi karena terdapat perbedaan pemahaman para ulama terhadap surat Ali ‘Imran ayat 7, dimana pada ayat tersebut terdapat dua macam qira’at. Pada dasarnya tujuannya adalah sama yaitu ingin mensucikan nama Allah dari sifat-sifat yang memiliki keserupaan dengan makhluk.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Penafsiran ayat-ayat mutasyabihat terhadap sifat Allah dalam tafsir al-Qurtubi, 2) Penafsiran ayat-ayat mutasyabihat pada sifat Allah dalam tafsir al-Mishbah, 3) perbandirngan penafsiran ayat-ayat mutasyabihat pada sifat Allah dalam tafsir al-Qurtubi dan tafsir al-Mishbah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah:1) mendeskripsikan penafsiran ayat-ayat mutasyabihat pada sifat Allah dalam tafsir al-Qurtubi, 2) mendeskripsikan penafsiran ayat-ayat mutasyabihat pada sifat Allah dalam tafsir al-Mishbah, 3) mengetahui perbandingan penafsiran ayat-ayat mutasyabihat pada sifat Allah dalam tafsir al-Qurtubi dan tafsir al-Mishah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kapustakaan (Library Research), yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian, baik berupa buku-buku maupun jurnal-jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) penafsiran ayat-ayat mutasyabihat pada sifat Allah tafsir al-Qurtubi ditemukan a) takwil al-Wajh pada surat al-Baqarah ayat 115 adalah wujud Allah, dzat Allah, arah yang hanya kepada-Nya diperintahkan menghadap keridhaan Allah. Surat al-Qasas ayat 88 ditakwil selain Allah, agama-Nya, sesuatu yang dikehendaki Allah, kedudukan Allah. Surat ar-Rahman ayat 27 ditakwil wajah Allah, wujud Allah. Adanya Allah b) Pada term al-Yad surat al-Fath ayat 10 ditakwil nikmat Allah, kekuatan dan bantuan Allah, pada surat Sad ayat 75 ditakwil kepada yang aku ciptakan dengan tanpa perantara. surat al-Hadid ayat 29 ditakwil milik Allah. c) Pada term istawa surat al-A’raf ayat 54 ditakwil kekuasaan Allah. d) Pada term al-Janbu pada surat az-Zumar ayat 56 ditakwil ketaatan, mengingat, al-Quran dan mengamalkan isinya, al-Qurbu dan al-Jiwar, jalan yang diserukan kepada Allah, sisi yang melahirkan keridhaan Allah, perintah Allah. e) Pada term al-Nafs surat Ali ‘Imran ayat 28 ditakwil dzat Allah, azab atau hukuman Allah. 2) penafsiran ayat-ayat mutasyabihat pada sifat Allah dalam tafsir al-Mishbah ditemukan a) Pada term al-Wajh surat al-Qasas ayat 88, al-An’am ayat 52, ar-Rahman ayat 27 dan ar-Rum ayat 38 ditakwil dzat Allah. b) Pada term yad surat Sad ayat 75 ditakwil isyarat bahawa manusia mendapat penaganan khusus dan penghormatan di sisi Allah.surat al-Mulk ayat 1 ditakwil dengan nikmat Allah, kekuasaan Allah.Surat Yasin ayat 71 ditakwil kekuasaan dan nikmat Allah. c) Pada term istawa surat al-A’raf ayat 54 ditakwil kekuasaan Allah. d) Pada term al-Janbu pada surat az-Zumar ayat 56 ditakwil dengan ketaatan terhadap Allah. e) Pada term al-nafs surat Ali ‘Imran ayat 28 ditakwil siksa Allah. 3) Perbandingan penafsiran ayat-ayat mutasyabihat pada sifat Allah kedua mufasir lebih mengikuti pendapat ulama khalaf yaitu dengan menggunakan metode takwil. Yang menjadi berbeda dari keduanya yaitu dalam hal pemaknaan dimana terkadang dalam menafsirkan suatu term memiliki takwil makna yang berbeda. Kemudian juga penafsiran Imam al-Qurtubi lebih rinci dan banyak mengutip pendapat ulama. Sedangkan Quraish Shihab lebih singkat penafsirannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Nyonya Lailatul Maulidia
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:50
Last Modified: 18 Jan 2023 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17356

Actions (login required)

View Item View Item