PROSES KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK PENYANDANG TUNANETRA DI SLB NEGERI BRANJANGAN JEMBER

Nur Aini, Aini (2023) PROSES KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK PENYANDANG TUNANETRA DI SLB NEGERI BRANJANGAN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR AINI_D20161024.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Nur Aini, Kun Wazis, 2022: Proses Komunikasi Verbal pada Anak Penyandang Tunanetra di SLB Negeri Branjangan Jember.

Proses komunikasi anak tunanetra menjadi sesuatu yang perlu ditelaah karena dengan keterbatasan yang mereka miliki akan menghasilkan pola interaksi yang berbeda dibandingkan dengan proses komunikasi anak normal pada umumnya. Hambatan komunikasi pada anak tunanetra menjadi salah satu warna atau elemen yang terdapat didalam pola komunikasi itu sendiri. Para significan other atau orangorang terdekat dari anak tunanetra tersebut memahami dengan pasti hambatanhambatan tersebut. Penyesuaian karakter anak tunanetra dengan kebutuhan yang harus diterima oleh anak tunanetra dari para significan other menjadi hambatan yang berbeda dari masing masing pihak.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana proses komunikasi verbal pada anak penyandang tuna netra di SLB Negeri Branjangan Jember? 2). Bagaimana karakteristik komunikasi verbal pada anak penyandang tuna netra di SLB Negeri Branjangan Jember?
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1). Untuk mengetahui proses komunikasi verbal pada anak penyandang tuna netra di SLB Negeri Branjangan Jember. 2). Untuk mengetahui karakteristik komunikasi verbal pada anak penyandang tuna netra di SLB Negeri Branjangan Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, yakni memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek dengan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1). Proses komunikasi anak tunanetra secara umum memiliki sedikit perbedaan dengan komunikasi anak normal lainnya. Yakni anak tunanetra tidak dapat berkomunikasi dengan menggunakan indra penglihatannya. Anak tunanetra hanya bisa berkomunikasi dengan menggunakan indra pendengaran dan indra perabanya. 2). Terkait karakteristik komunikasi verbal pada anak tunanetra berkaitan dengan pembendaharaan, intonasi, humor. Dalam proses komunikasi anak tunanetra juga memperhatikan beberapa karakteristik misalnya pembendaharaan kata, intonasi dan humor.

Kata kunci : Proses Komunikasi Verbal, Penyandang Anak Tunanetra

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: NUR AINI - -
Date Deposited: 14 Jan 2023 08:08
Last Modified: 14 Jan 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17359

Actions (login required)

View Item View Item