Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler KARISMA (Kajian Rohani Islam) dalam Membentuk Kepribadian Siswa Muslim di Sekolah Menengah Atas Negeri Arjasa Kabupaten Jember

M. Multazam Hidayatul Muttaqin, Multazam (2022) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler KARISMA (Kajian Rohani Islam) dalam Membentuk Kepribadian Siswa Muslim di Sekolah Menengah Atas Negeri Arjasa Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
LULUS S1 siap (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

M Multazam Hidayatul M, 2022: Implementasi kegiatan ekstrakurikuler KARISMA (Kajian Rohani Islam) dalam membentuk kepribadian siswa muslim di Sekolah Menengah Atas Negeri Arjasa Kabupaten Jember.

Zaman modern saat ini begitu banyak perubahan dan perkembangan yang telah terjadi salah satunya perubahan kepribadian atau akhlak para siswa- siswi yang masih ada dibangku sekolah khususnya di Sekolah Menengah Atas. Dikatakan demikian karena umur mereka merupakan peralihan dari remaja menuju dewasa. Begitu banyak kasus yang terjadi saat ini seperti pelecehan seksual, tutur kata yang kurang baik, perilaku terhadap teman, guru dan orang tua yang sudah menyimpang. Pelajaran PAI khususnya di Sekolah Menengah Atas tentunya mempunyai peran penting untuk membentuk kepribadian siswa menjadi lebih baik dan untuk itu juga perlu adanya ekstrakurikuler sebagai tambahan pelajaran PAI diluar jam pelajaran sekolah. KARISMA merupakan ekstrakurikuler yang didalamnya mempunyai kegiatan bernuansa islam yang tujuannya untuk membentuk siswa- siswa memiliki pengetahuan tentang islam serta memiliki kepribadian yang baik.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler KARISMA (Kajian Rohani Islam) dalam membentuk kepribadian siswa muslim di Sekolah Menengah Atas Negeri Arjasa Kabupaten Jember ? (2) Apa kontribusi dari implementasi ekstrakurikuler KARISMA (Kajian Rohani Islam) dalam membentuk kepribadian siswa muslim di Sekolah Menengah Atas Negeri Arjasa Kabupaten Jember ?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler KARISMA (Kajian Rohani Islam) dalam membentuk kepribadian siswa muslim di Sekolah Menengah Atas Negeri Arjasa Kabupaten Jember, (2) Untuk mendeskripsikan Apa kontribusi dari implementasi ekstrakurikuler KARISMA (Kajian Rohani Islam) dalam membentuk kepribadian siswa muslim di Sekolah Menengah Atas Negeri Arjasa Kabupaten Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu: (a) Observasi; (b) Wawancara; (c) Dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data,kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: Implementasi ekstrakurikuler KARISMA dilaksanakan saat pulang sekolah setelah sholat ashar berjamaah di Masjid, Kegiatannya seminggu 2 kali yaitu Hari Rabu diisi kajian keislaman dan hari Kamis diisi hadrah atau Tilawah. Kontribusi ekstrakurikuler KARISMA sudah cukup baik, Dengan adanya ekstrakurikuler ini bisa menjadikan peserta didik lebih mengerti ilmu agama, jiwa kepemimpinan, tanggung jawab serta diajarkan berbagai macam kesenian keislaman dan bisa menjadi pribadi yang taqwa dan disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Multazam Hidayatul Muttaqin
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:10
Last Modified: 17 Jan 2023 00:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17361

Actions (login required)

View Item View Item