Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Pembentukan Desa Layak Anak Oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sumowono Kabupaten Jember

Nurfaidah, Nabila Balqis (2023) Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Pembentukan Desa Layak Anak Oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sumowono Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NABILA BALQIS NURFAIDAH_D20182015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Di Indonesia kasus kekerasan seksual setiap tahun mengalami peningkatan, korbannya bukan hanya dari kalangan dewasa saja sekarang sudah merambah ke anak-anak. Fenomena kekerasan seksual terhadap anak semakin sering terjadi. Kasus kekerasan seksual terhadap anak terus meningkat dari waktu ke waktu. Peningkatan tersebut tidak hanya dari segi kuantitas atau jumlah kasus yang terjadi, bahkan juga dari kualitas. Dan yang lebih tragis lagi pelakunya adalah kebanyakan dari lingkungan keluarga atau lingkungan sekitar anak, seperti sekolah, lembaga pendidikan, dan lingkungan sosial anak. Maka dari itu pemerintah membuat kebijakan program desa layak anak untuk memenuhi hak anak dan melindungi anak dari kekerasan maupun diskriminasi. Fokus masalah yang diteliti adalah: 1) apa saja bentuk pemberdayaan masyarakat melalui program pembentukan desa layak anak oleh DP3AKB di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sukowono? Kabupaten Jember? 2) apa saja faktor pendukung dan hambatan-hambatan dalam program pembentukan desa layak anak oleh DP3AKB di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk pemberdayaan masyarakat melalui program pembentukan desa layak anak oleh DP3AKB di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. 2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan hambatan-hambatan dalam program pembentukan desa layak anak oleh DP3AKB di Desa Dawuhan Mangli Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan situasi tertentu berdasarkan data yang diperoleh di lapangan secara terperinci. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi langsung di lokasi penelitian yang sudah ditentukan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Proses pengarahan kepada masyarakat terutama anak untuk melindungi dari kekerasan. Pendampingan terhadap anak unuk pemenuhan atas haknya. 2) faktor pendukung dari pembentukan desa layak anak yaitu tingginya angka kelahiran, adanya masalah sosial, dan sarana prasarana yang memadai. Untuk faktor penghambat dalam pembentukan desa layak anak yaitu kurangnya sumber daya manusia dan keterbatasannya waktu.
Kata kunci: Anak, DP3AKB, Desa layak Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160305 Population Trends and Policies
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miss Nabila Balqis
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:34
Last Modified: 13 Jan 2023 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17373

Actions (login required)

View Item View Item