PENGGUNAAN MICHAT DALAM KEGIATAN PROSTITUSI ONLINE DI KABUPATEN JEMBER

AKHWAN, AKHMAD RIZAL (2023) PENGGUNAAN MICHAT DALAM KEGIATAN PROSTITUSI ONLINE DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AKHMAD RIZAL AKHWAN_D20161025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akhmad Rizal Akhwan, 2022: Penggunaan Michat Sebagai Sarana Prostitusi Online di Kabupaten Jember.

Teknologi dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang, turut diiringi juga dengan jenis kejahatan yang ikut berkembang. Kegiatan prostitusi yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka secara langsung, kini beralih menggunakan media sosial sebagai sarana transaksinya karena dianggap lebih efisien. Beberapa motif para pelaku prostitusi dalam menggunakan media sosial sebagai sarana transaksi dalam kegiatan prostitusi menimbulkan pola penggunaan media yang berbeda, sebagai perwujudan dari motif yang ada.
Adapun fokus penelitan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keaktifan pelaku Prostitusi Online dalam menggunakan Michat?. 2) Mengapa pelaku Prostitusi Online menggunakan Michat?. 3) Bagaimana kepuasan pelaku Prostitusi Online terhadap Michat?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis tentang bagaimana keaktifan, alasan dan kepuasan pelaku prostitusi online dalam menggunakan Michat yang dianalsis menggunakan teori Uses and Gratification.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Pelaku prostitusi online merupakan khalayak aktif yang menggunakan michat sebagai sarana transaksi, pelaku prostitusi online memiliki kendali dan kemampuan dalam menentukan serta mencapai kesepakatan didalam transaksi antara penjual jasa dengan pengguna jasa untuk memenuhi kebutuhan. 2) Alasan pelaku prostitusi online menggunakan Michat karena lebih mudah digunakan dan dianggap efisien. Serta didasarkan empat motif: informasi mengenai jasa yang ditawarkan penjual jasa dan kebutuhan pengguna jasa, motif identitas pribadi untuk menyesuaikan diri, motif interaksi dan integrasi sosial antara penjual jasa dan pengguna jasa, serta motif hiburan. 3) Kepuasan para pelaku prostitusi online terhadap michat dinilai dari dua hal yaitu para pelaku prostitusi online sudah menggunakan michat selama satu sampai dua tahun, dan para pelaku prostitusi online melakukan transaksi yang berulang-ulang selama menggunakan michat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Akhmad Rizal Akhwan Akhmad Rizal Akhwan
Date Deposited: 13 Jan 2023 08:38
Last Modified: 13 Jan 2023 08:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17374

Actions (login required)

View Item View Item