Strategi Kepala KUA Dalam Mengurangi Perceraian Melalui Program Desa Keluarga Sakinah Settong Ate Tak Apesa'a (DKS SATE TAPES) Di KUA Kecamatan Panarukan

Romadanti, Nor Qomariyah (2023) Strategi Kepala KUA Dalam Mengurangi Perceraian Melalui Program Desa Keluarga Sakinah Settong Ate Tak Apesa'a (DKS SATE TAPES) Di KUA Kecamatan Panarukan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
NOR QOMARIYAH ROMADANTI NIM_D20184031.pdf

Download (3MB)

Abstract

NOR QOMARIYAH ROMADANTI, 2022: Strategi Kepala KUA Dalam Mengurangi Perceraian Melalui Program Desa Keluarga Sakinah Settong Ate Tak Pesa’a (DKS SATE TAPES) Di KUA Kecamatan Panarukan, Situbondo
Kata Kunci: Strategi Kepala KUA, mengurangi perceraian
Strategi merupakan rencana jangka panjang yang disusun untuk mencapai tujuan dan sasaran dari sebuah rencana tertentu. Strategi disusun oleh manajemen puncak untuk mencapai segala tujuan yang diinginkan oleh sebuah organisasi ataupun perusahaan. Pada tahun 2020, jumlah perceraian di KUA Kecamatan Panarukan meningkat drastis hingga mencapai angka 105 kasus yang disebabkan oleh berbagai macam permasalahan diantaranya masalah ekonomi, KDRT, pernikahan usia dini, dan orang ketiga. Maka dari itu, kepala KUA kecamatan panarukan berinisiatif menciptakan sebuah program yang diberi nama DKS SATE TAPES dimana tujuannya adalah untuk mengurangi perceraian di wilayah Kecamatan Panarukan. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait penerapan strategi yang dilakukan oleh kepala KUA dalam mengurangi perceraian dengan menciptakan sebuah program khusus yakni “Desa Keluarga Sakinah Settong Ate Tak Apesa’a”.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi yang dilakukan oleh kepala KUA dalam mengurangi perceraian melalui program Desa Keluarga Sakinah Settong Ate Tak Apesa’a?, 2) apa saja faktor yang menghambat perkembangan program Desa Keluarga Sakinah Settong Ate Tak Apesa’a?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi kepala KUA dalam mengurangi perceraian dengan program DKS SATE TAPES, 2) Untuk mengetahui faktor yang menghambat perkembangan program DKS SATE TAPES.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian yaitu kepala KUA Kecamatan Panarukan, Staff KUA kecamatan Panarukan, FKPAI kecamatan Panarukan, dan peserta program DKS SATE TAPES. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data yakni menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif, sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi.
Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi yang dilakukan oleh kepala KUA dalam mengurangi perceraian melalui program desa keluarga sakinah settong ate tak apesa’a (satu hati tidak mau berpisah) “DKS SATE TAPES” melalui tahapan strategi analisis arah, strategi analisis situasi, penetapan strategi, dan evaluasi kegiatan. Sedangkan faktor yang menghambat dari perkembangan program DKS SATE TAPES ini meliputi faktor internal yang berasal dari peran masyarakat dan faktor eksternal yang berasal dari kebijakan pengadilan agama dan peran pemerintah yang memiliki wewenang dalam membuat peraturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150202 Financial Econometrics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Nor Qomari Qomariyah Moh. Hasan
Date Deposited: 14 Jan 2023 04:14
Last Modified: 14 Jan 2023 04:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17382

Actions (login required)

View Item View Item