Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sumberwuluh 01 Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang 2022

Burhanudin, Muhammad Ghufron (2022) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sumberwuluh 01 Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang 2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Sidiiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD GHUFRON BURHANUDIN_T20171348.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhamamad Ghufron Burhanudin, 2022: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sumberwuluh 01 Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang 2022
Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan di sekolah, didalamnya terjadi interaksi antara berbagai komponen antara lain: Guru,materi dan siswa. Pendidikan agama Islam secara umum dapat dipahami sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengalaman siswa tentang agama Islam sehingga menjadi pribadi muslim yang beriman dan bertakwa serta berahlak mulia dalam kehidupan pribadi, masyarakat, berbangsa dan bernegara.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sumberwuluh 01 Candipuro Lumajang ?. 2) Bagaimana Pelaksanaan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sumberwuluh 01 Candipuro Lumajang?. 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sumberwuluh 01 Candipuro Lumajang ?
Tujuan dalam skripsi ini adalah: 1) 1. Untuk mengetahui Bagaimana perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sumberwuluh 01 Candipuro Lumajang., 2) Untuk mendeskripsikan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sumberwuluh 01 Candipuro Lumajang. 3) Untuk mengetahui Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Sumberwuluh 01 Candipuro Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi,wawancara, dokumentasi. Penetuan informan menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan model Miles, Huberman dan Saldana meliputi: koleksi data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan sumber.
Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Sebelum melakukan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam, Guru atau pendidik memulai dengan membuat Silabus dan RPP yang lama yaitu kurikulum 13, bukan kurikulum merdeka yang baru 2) Kegiatan pembelajaran yang dilakukan ada tiga kegiatan antara lain: yaitu guru mengucapkan salam serta do’a, absensi siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran untuk kegiatan pendahuluan, kegiatan inti guru memulai dengan menjelaskan materi pai yang bertema kisah keteladanan Nabi Muhammad Saw, guru membagi kelompok untuk mendiskusikan materi dan yang terahir guru memberi penguatan hasil diskusi dan kegiatan akhir/penutup di mulai dengan siswa bersama-sama membuat kesimpulan dan guru memberikan tanya jawab kepada siswa satu-persatu secara acak sebagai bahan evaluasi dan penilaian pembelajaran pertemuan tersebut dan diakhiri dengan do’a bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ghufron Burhanudin
Date Deposited: 16 Jan 2023 00:48
Last Modified: 16 Jan 2023 00:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17386

Actions (login required)

View Item View Item