LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PATRANG JEMBER

Munichah, Nilta (2022) LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PATRANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
! skripsi nilta wm-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci : Layanan Konseling Individual, Media Gambar, Siswa Tunarungu.
Anak tunarungu merupakan anak yang mengalami gangguan pada sistem pendengarannya baik keseluruhan ataupun masih memiliki sisa-sisa pendengaran. Maka dampak yang dialami oleh anak tunarungu tentunya sangat berpengaruh pada perkembangan bahasa komunikasinya atau keterlambatan dalam menyampaikan dan menerima sebuah pesan atau informasi, sehingga membutuhkan sebuah layanan khusus untuk meningkatkan bahasa dan komunikasinya
Adapun fokus permasalahan yang diangkat dalamm penelitian ini ialah : 1). Bagaimana proses layanan konseling individual dengan media gambar pada siswa tunarungu di SLB Negeri Patrang Jember?. 2). Bagaimana keberhasilan layanan konseling individual dengan media gambar pada siswa tunarungu di SLB Negeri Patrang Jember ?. 3). Apa kendala-kendala dalam pelaksanaan layanan konseling individual dengan media gambar pada siswa tunarungu di SLB Negeri Patrang Jember?. Tujuan penelitian ini ialah : 1). Untuk mengetahui dan menggambarkan proses layanan konseling individual dengan media gambar pada siswa tunarungu di SLB Negeri Patrang Jember. 2). Untuk mengetahui dan menggambarkan keberhasilan layanan konseling individual dengan media gambar pada siswa tunarungu di SLB Negeri Patrang Jember. 3). Untuk mengetahui dan menggambarkan kendala-kendala dalam pelaksanaan layanan konseling individual dengan media gambar pada siswa tunarungu di SLB Negeri Patrang Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif (descriptive reasearch) dan pengambilan sampel melalui metode Purposive. Pegumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianngulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Sedangkan Keabsahan data menggunakan trianngulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Sedangkan analisis data yang digunakan sesuai dengan model Milles dan Hubermen meliputi data collection (pengumpulan data), data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data, conclusion drawing/ verification.
Adapun hasil dari penelitian ini yang meliputi dari layanan konseling individual dengan media gambar pada anak tunarungu ialah terdapat tiga tahapan yaitu tahap awal terdapat Membangun hubungan keakraban antara konselor dan konseli, assessment, dan penaksiran dan perencanaan pengentasan masalah konseli. Tahap pelaksanaan yaitu pelaksanaan rencana konselor dalam mengentaskan masalah konseli dengan sebuah media gambar yang berkenaan dengan permasalahan anak tunarungu yang terjadi. Tahap evaluasi yaitu pengoreksian dan pendampingan terhadap konseli. Keberhasilan dari layanan tersebut adanya perubahan sikap anak tunarungu secara signifikan meliputi prilaku dan pemahamannya terhadap pesan yang disampaikan melalui media gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Nilta Munichah
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:12
Last Modified: 16 Jan 2023 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17391

Actions (login required)

View Item View Item