TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH PADA TRANSAKSI DIGITAL RESOURCE GAME (STUDI KASUS JUAL BELI RESOURCE “RISE OF KINGDOM” OLEH TM STORE DI Desa Rogojampi Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi)

Irsyadi muhammad, Diaz (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH PADA TRANSAKSI DIGITAL RESOURCE GAME (STUDI KASUS JUAL BELI RESOURCE “RISE OF KINGDOM” OLEH TM STORE DI Desa Rogojampi Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, Uin kiai haji achmad shidiq jember.

[img] Text
DIAZ MUHAMMAD IRSYADI WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Transaksi Digital, Game Rice of Kingdom, Hukum Ekonomi Syariah.
Kemajuan teknologi telah merubah tatanan hidup manusia secara multidimensional, tak terkecuali juga dalam sektor ekonomi. Perubahan dalam sektor ekonomi tersebut tidak hanya dalam mekanisme transaksi tetapi juga pada produk yang diperjual belikan. Salah satu bentuk transaksi ekonomi yang menggunakan instrumen digital adalah transaksi resource game. Transaksi resource game tersebut memiliki beragam varian. Salah satunya adalah transaksi resource game Rise Of Kingdom. Penelitian ini mengungkap berusaha untuk menelisik hasil dari analisis Hukum Ekonomi Syariah terhadap transaksi resource game Rise of Kingdom oleh TM Store yang berlokasi di Dusun Jagalan Desa Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : a) Bagiamana proses transaksi digital dalam jual beli resourche game rise oleh TM (Trans Market) Store. b) Bagaimana perspektif hukum ekonomi syariah dalam transaksi digital jual beli resourche game rise kingdom oleh TM store.
Tujuan dalam penelitian ini adalah : a) Untuk mengetahui bagaimana proses transaksi digital dalam jual beli resourche game rise oleh TM (Trans Market) Store. b) Untuk mengetahui bagaimana perspektif hukum ekonomi syariah dalam transaksi digital jual beli resourche game rise kingdom oleh TM store.
Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan yuridis empiris atau disebut dengan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan teori Milles dan Huberman terdapat 3 tahapan, yaitu : a) reduksi data, b) Penyajian Data, c) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metodologis.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah : 1.Transaksi digital pada jual beli resource game Rise of Kingdom dapat dibagi kedalam dua model transaksi, yaitu: a). Transaksi sekala kecil, b). Transaksi skala besar yang menggunakan midleman dalam proses transaksinya. 2.Adapun menurut tinjauan hukum ekonomi syari’ah, transaksi tersebut juga telah memenuhi rukun dan syarat sah sehingga dapat dinyatakan sah secara hukum syariah. Selain itu, dalam tinjauan hukum ekonomi syariah ditemukan beberapa akad yang dipergunakan dalam proses transaksi digital resource game Rise of Kingdom, diantaranya akad salam, yang terjadi pada saat transaksi berlangsung pada penjual dan pembeli., kedua, akad Wakalah Bi Al-Ujrah pada transaksi yang menggunakan jasa midleman. Dan ketiga, akad sharf pada saat pertukaran kurs dollar ke dalam rupiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012709 al-Wakalah (Penyerahan Mandat)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012727 Sharf (Jual Beli Valuta Asing)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Depositing User: Irsyadi Muhammad Diaz
Date Deposited: 14 Jan 2023 07:56
Last Modified: 14 Jan 2023 07:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17393

Actions (login required)

View Item View Item