Tinjauan UU Nomor 32 tahun 2009 Tentang Pengeloaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup Perspektif  Fikih Biah.

Hulwana, Rifqi (2023) Tinjauan UU Nomor 32 tahun 2009 Tentang Pengeloaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup Perspektif  Fikih Biah. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq.

[img] Text
hulwa fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Rifqi Qonita Hulwana, 2022 : Tinjauan UU Nomor 32 tahun 2009 Tentang Pengeloaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup Perspektif  Fikih Biah.

Kata Kunci :Lingkungan, UU Nomor 32 Tahun 2009,  Fikih Biah.

Problematika lingkungan masih tergolong akut kejadiannya. Dominasi eksploitasi menjadi peringkat utama yang ditaklukkan untuk memenuhi kebutuhan. Fikih biah dirasa sebagai salah satu paham penanaman secara emosional menjaga dan melindungi lingkungan. Sehingga alam sebagai objek terkait dirasa mampu diperbaiki dan dijamin keamanannya. Landasan Konstitutional yang mewujudkan perlindungan lingkungan hidup ialah UU nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja pokok-pokok pengaturan  dalam UU No 32 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup? 2) Bagaimana Analisis UU N0 32 tahun 2009 perspektif Fikih Biah ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui Isu-Isu Lingkungan dalam UU No 32 Tahun 2009. 2) Mengetahui UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan pengelolaan lingkungan hidup menurut Perspektif Fikih Biah.

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pokok-pokok permasalahan Undang-undnag nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, dan mengetahui undang-undang tersebut perspektif fikih biah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research) yang memusatkan serta membatasi kegiatannya pada perpustakaan untuk memperoleh data tanpa melakukan riset di lapangan. Maka sumber data diperoleh dengan menelusuri literatur-literatur maupun peraturan-peraturan dan norma-norma yang berhubungan dengan masalah yang akan dikaji dalam penelitian bersumber dari buku-buku yang mengkaji mengenai Undang-Undang Nomor 32 Tahun 209 Tentang Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup dan Fikih Biah, Alquran dan Hadist yang berkaitan dengan penelitian.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Adapun pokok-pokok pengaturan dalam pembahasan ini ialah perencanaan lingkungan, pemanfaatan sumber daya, pengendalian pencemaran, pemeliharaan lingkungan, pengawasan dan sanksi administratif. 2.Adapun pandangan fikih biah terhadap perencanaan lingkungan: ekologi dipandang sebagai doktrin ajaran karena sama hal ya menjaga tujuan dasar agama (maqashid syariah). Pandangan Fikih Biah pada Pemanfaatan sumber daya: direformasi dari QS Al-a’raf ayat 56 bahwa alam harus digunakan dengan baik.  Pandangan Fikih Biah terhadap pengendalian pencemaran dibahasakan sebagai fasad apabila seseorang melakukan fasad dikategorikan kufur biah. Pandangan Fikih Biah terhadap pemeliharaan lingkungan: barang siapa yang tidak perduli terhadap pemeliharaan lingkungan maka imannya tidak sempurna. Pandangan Fikih Biah terhadap Sanksi Administrative diklarifikasikan sebagai perbuatan pidana yang harus meliputi tiga unsur: syar’i, madd, adabi, yang akan dimintai pertanggung jawaban dan dihukum dengan istilah ta’zir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Rifqi Qonita Hulwana
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:01
Last Modified: 16 Jan 2023 04:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17395

Actions (login required)

View Item View Item