TRANSISI PERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA MTS DIPONEGORO TEGALSARI BANYUWANGI PASCA PANDEMI COVID-19

Majid, Abdul (2022) TRANSISI PERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA MTS DIPONEGORO TEGALSARI BANYUWANGI PASCA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Majidddddd.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran, Orang Tua, Pandemi.
Peran orang tua sangatlah besar terhadap pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi anak. Orang tua merupakan contoh serta panutan terhadap anak-anaknya. Orang tua dalam mendidik anak-anaknya tidak cukup dengan nasehat menasehati, dalam arti memberikan pengetahuan tentang nilai dan sikap yang baik saja, akan tetapi harus dimulai dengan mendidik diri sendiri, yaitu dengan memberi contoh terlebih dahulu kepada anak-anaknya, sikap dan perilaku terpuji orang tua terhadap anaknya mencerminkan ia mempunyai kepribadian yang luhur yang akan dijadikan contoh ideal bagi perilaku pribadinya sehari-hari.
Adapun Fokus penelitian ini adalah: 1)Bagaimana peran orang tua dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi siswa MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi ketika Pandemi Covid-19? 2)Bagaimana peran orang tua dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi siswa MTs Diponegoro Tegalsari
Banyuwangi pasca Pandemi Covid-19?
Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi siswa MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi ketika Pandemi Covid-19 2)Untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi siswa MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi pasca Pandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan di MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi, dimana Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta Pengumpulan data menggunakan Reduksi data, Display data, Verifikasi Keabsahan data, Triangulasi tekhnik dan Sumber.
Hasil penelitian ini ialah; 1 ) Peran Orang Tua Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi ketika Pandemi Covid-19 yakni dialakukan dengan empat peran diantaranya, peran sebagai modeling, peran sebagai mentoring, peran sebagai organizing serta peran orang tua sebagai teaching. 2) Peran Orang Tua Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi Pasca Pandemi Covid-19 dilakukan dengan 4 hal yaitu peran orang tua sebagai modeling mendidik, mengajarkan serta memberikan contoh-contoh yang baik kepada anak. Peran orang tua sebagai mentoring ialah dilakukan dengan perhatian yang senantiasa mencurahkan perhatian penuh dan
mengikuti perkembangan aspek akidah dan moral anak, mengawasi dan memperbaiki kesiapan mental dan sosial. Peran orang tua sebagai organizing ialah memberikan contoh teladan serta nasehat yang baik pada anak, karena anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Serta peran orang tua sebagai teaching ialah dengan mengajak anak-anaknya diskusi keagamaan, mengontrol kegiatan ibadah, menegur anak apabila tidak shalat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdul Majid Uin
Date Deposited: 13 Jan 2023 08:36
Last Modified: 13 Jan 2023 08:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17400

Actions (login required)

View Item View Item