Manajemen kelas dalam meningkatkan disiplin siswa di MTsN 6 Jember tahun pelajaran 2022/2023

Hasbi Mubarok, Hasbi (2022) Manajemen kelas dalam meningkatkan disiplin siswa di MTsN 6 Jember tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI HASBI Revisi WM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Manjemen kelas juga merupakan suatu rentetan kegiatan guru untuk menumbuhkan dan mempertahankan organisasi kelas yang efektif dan efisien. Adanya manajemen kelas yaitu salah satunya bertujuan untuk menertibkan dan sekaligus untuk mendisiplinkan siswa dalam proses belajar mengajar. Dan merujuk pada pengertian disiplin yang merupakan arahan untuk melatih dan membentuk seseorang melakukan sesuatu menjadi lebih baik. Sehingga pengelolaan kelas ini menjadi kunci untuk menjadikan kelas yang efektif dan kondusif.
Adapun fokus penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) bagaimana peraturan manajemen kelas dalam meningkatkan disiplin siswa di MTsN 6 Jember?. 2) Bagaimana pendekatan manajemen kelas dalam meningkatkan disiplin siswa di MTsN 6 Jember?. 3) Apa saja faktor penghambat manajemen kelas dalam meningkatkan disiplin siswa di MTsN 6 Jember?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan peraturan manajemen kelas dalam meningkatkan disiplin siswa di MTsN 6 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pendekatan manajemen kelas yang digunakan dalam meningkatkan disiplin siswa di MTsN 6 Jember. 3) untuk mendeskrispsikan faktor penghambat manajemen kelas dalam meningkatkan disiplin siswa di MTsN 6 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman yang meliputi: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian yaitu: 1) peraturan manajemen kelas dalam menigkatkan disiplin siswa ada dua macam peraturan, yaitu peraturan yang sifatnya umum untuk semua warga Madrasah, seperti memakai seragam yang sesuai dengan ketentuan madrasah, mengikuti upacara bendera setiap hari senin dan hari-hari besar lainnya, dilarang merokok dilingkungan madrasah, saling menghormati, menjaga nama baik madrasah, dan patuh terhadap tatatertib yang ada, dan peraturan yang sifatnya khusus atau peraturan yang ada didalam kelas selama berlangsungnya proses belajar mengajar seperti, berdoa sebelum belajar, pembiasaan membaca alquran, meminta kartu ijin ketika keluar kelas. 2) pendekatan manajemen kelas dalam meningkatkan disiplin siswa menggunakan beberapa pendekatan seperti, pendekatan manjerial, pendekatan perubahan tingkah laku, pendekatan iklim sosio emosional, pendekatan proses kelompok, pendekatan kekuasaan, perubahan ancaman, pendekatan kebebasan, dan pendekatan resep yang sesuai dengan permasalahan siswa yang dihadapi dalam kelas. 3) faktor penghambat manajemen kelas dalam meningkatkan disiplin siswa ada tiga faktor, yang utama adalah dari faktor guru, faktor dari siswadan ketiga faktor dari keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN KHAS JEMBER Hasbi Mubarok
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:46
Last Modified: 17 Jan 2023 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17405

Actions (login required)

View Item View Item