PENERAPAN METODE PERMAINAN B-I-N-G-O PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III TEMA CUACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA WONOMERTO PROBOLINGGO

Celyna Rizkulloh, Nuriyah F. (2022) PENERAPAN METODE PERMAINAN B-I-N-G-O PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III TEMA CUACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA WONOMERTO PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURIYAH F CELYNA RIZKULLOH_T20184094.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nuriyah F. Celyna Rizkulloh, 2022: Penerapan Metode Permainan b-i-n-g-o pada Pembelajaran Tematik Kelas III Tema Cuaca di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Wonomerto Probolinggo.
Kata Kunci: Permainan Bingo, Pembelajaran Tematik
Pendidikan yang semakin berkembang mewajibkan guru untuk siap dan berusaha memberikan proses pendidikan yang sesuai dengan peraturan berlaku. Dengan bekal kompetensi yang dimilikinya, guru bisa memakai berbagai macam cara agar kegiatan belajar menjadi aktif, nyaman dan menyenangkan seperti penggunaan metode yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa.
Fokus penelitiannya yaitu (1) Bagaimana perencanaan metode permainan b-i-n-g-o pada Pembelajaran Tematik Kelas III Tema Cuaca di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Wonomerto Probolinggo? (2) Bagaimana pelaksanaan metode permainan b-i-n-g-o pada Pembelajaran Tematik Kelas III Tema Cuaca di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Wonomerto Probolinggo? (3) Bagaimana evaluasi metode permainan b-i-n-g-o pada Pembelajaran Tematik Kelas III Tema Cuaca di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Wonomerto Probolinggo?.
Tujuan penelitiannya yaitu (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode permainan b-i-n-g-o pada Pembelajaran Tematik Kelas III Tema Cuaca di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Wonomerto Probolinggo? (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode permainan b-i-n-g-o pada Pembelajaran Tematik Kelas III Tema Cuaca di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Wonomerto Probolinggo? (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode permainan b-i-n-g-o pada Pembelajaran Tematik Kelas III Tema Cuaca di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Wonomerto Probolinggo?.
Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik purposive dalam menentukan subyeknya. Selanjutnya data dikumpulkan melalui observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Setelah terkumpul data di analisis dengan interaktif dan dilakukan pengecekan dengan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Perencanaan meliputi penentuan tujuan harus jelas, terdapat langkah-langkah pengaplikasiannya, alokasi waktu yang dibutuhkan, dan standar penilaian kemampuan siswa. Hal-hal lain yang perlu dipersiapkan yaitu silabus, RPP, media dan materi. (2) Proses pelaksanaannya meliputi kegiatan awal yaitu guru mengucapkan salam, menyapa, berdoa dan mengabsen siswa, kegiatan inti yaitu guru menjelaskan materi dengan metode ceramah dan tata cara belajar dengan permainan bingo, meminta siswa untuk mencatat, siswa harus menjawab pertanyaan dengan benar hingga menutup angka dan membentuk deret vertikal maupun horizotal, siswa berteriak bingo, kegiatan akhir membaca hamdalah. (3) Evaluasi berbentuk pertanyaan yang tergabung dalam permainan bingo. Evaluasi kedua yakni melalui ujian tertulis seperti ujian semester atau tengah semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nona Nuriyah F. Celyna Rizkulloh
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:30
Last Modified: 16 Jan 2023 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17413

Actions (login required)

View Item View Item