PERANAN ORGANISASI AISYIYAH DALAM PEMBERDAYAAN KAUM PEREMPUAN DI DUSUN WATUKEBO KECAMATAN AMBULU TAHUN 1985-1998

Febriantie, Elda Rizky (2022) PERANAN ORGANISASI AISYIYAH DALAM PEMBERDAYAAN KAUM PEREMPUAN DI DUSUN WATUKEBO KECAMATAN AMBULU TAHUN 1985-1998. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ELDA RIZKY FEBRIANTIE_U20184037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitiaan ini dilatar belakangi bahwa berdirinya Aisyiyah tidak dapat terlepas dari perjalanan sejarah Muhammadiyah yang panjang, dimana organisasi ini memperhatikan keberlangsungan para anggotanya. Sejarah pendirian ranting Aisyiyah beriringan dengan berdirinya ranting Muhammadiyah di Watukebo tahun 1937. Dalam kiprahnya memberdayakan kaum perempuan khususnya di daerah Watukebo Jember tahun 1985-1998. Peran Aisyiyah masih terjaga dan senantiasa memberikan kebermanfaatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran organisasi Aisyiyah di Watukebo dan kontribusi organisasi Aisyiyah dalam pemberdayaan kaum perempuan di Watukebo tahun 1985-1998.
Pemberdayaan adalah suatu proses yang dirasakan oleh suatu individu untuk meningkatkan kemampuan diri melalui proses identifikasi untuk meniadakan kondisi ketidakberdayaan. Aisyiyah menggunakan pemberdayaan untuk membangun motivasi dalam menjalankan program-program amal usahanya. Selain itu, adanya program-program yang tercipta bertujuan untuk mendorong kemandirian para anggota dan masyarakat luas. Melalui program yang berkelanjutan ini, anggota diharapkan mampu berperan aktif dan berkontribusi dalam kegiatan sederhana agar mampu mengembangkan motivasi problem solving yang mendasar atas kondisi yang tidak menguntungkan bagi perempuan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi 4 tahap yaitu Heuristik (Mengumpulkan sumber), Kritik (menilai, menguji, dan menyeleksi sumber), Interpretasi (penafsiran fakta yang didapat), Historiografi (Penulisan Sejarah). Sumber data yang digunakan merupakan hasil observasi, yaitu: berupa wawancara, dan didukung dengan buku/tulisan yang berhubungan dengan tema penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Peranan Organisasi Aisyiyah Dalam Pemberdayaan Kaum Perempuan Di Dusun Watukebo Kecamatan Ambulu Tahun 1985-1998. Aisyiyah hadir sebagai sarana para perempuan untuk menyuarakan pendapat. Perkembangan dan kemajuan Aisyiyah di Dusun Watukebo juga berdampak positif terhadap segala unsur kehidupan masyarakat, seperti agama, pendidikan, dan sosial. Melalui berbagai amal usaha yang dijalankan oleh Aisyiyah di Dusun Watukebo mampu memberikan sumbangsih nyata terhadap terciptanya pemberdayaan kaum perempuan.
Kata Kunci : Sejarah, Peran, Aisyiyah, Pemberdayaan Perempuan, Watukebo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210201 Archival, Repository and Related Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Elda Rizky Febriantie
Date Deposited: 14 Jan 2023 06:50
Last Modified: 14 Jan 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17420

Actions (login required)

View Item View Item