RATU KALINYAMAT: KEBERDAYAAN PEREMPUAN NUSANTARA ABAD XVI

RIZQILLAH, ZIDAH A. (2023) RATU KALINYAMAT: KEBERDAYAAN PEREMPUAN NUSANTARA ABAD XVI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZIDAH A. RIZQILLAH_U20184018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perempuan kerapkali dikonstruksikan sebagai “konco wingking” yang mana pembagian perannya selalu berada di ruang domestik. Namun periode tertentu dalam sejarah seringkali menghadirkan perempuan sebagai aktor utamanya. Kehadiran Ratu Kalinyamat dalam panggung sejarah Nusantara membuktikan bahwa perempuan pada nyatanya mampu untuk mengambil peran dalam masyarakat yang seringkali hanya diisi oleh kaum laik-laki.
Fokus dalam penelitian ini ada dua yakni: (1) Apa peran kepemimpinan Ratu Kalinyamat dalam pemerintahan di Jepara abad XVI? (2) Bagaimana Ratu Kalinyamat menjadi representasi perempuan berdaya abad XVI?
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang peran kepemimpinan Ratu Kalinyamat yang berkuasa dari tahun 1549 hingga 1579. Juga untuk menjelaskan kehadiran Ratu Kalinyamat menjadi bentuk dari representasi perempuan berdaya pada abad XVI.
Penelitian ini merupakan penelitian sejarah (wanita) dengan menggunakan prespektif gender. Sumber utama penelitian ini adalah arsip/dokumen para pelancong Portugis dan hasil penelitian tim penggiat sejarah Ratu Kalinyamat. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan analisis penelitian menggunakan metode interpretasi. Sedangkan teori yang digunakan untuk membantu melakukan analisis adalah teori milik Ann Oakley yakni teori nurture. Mengacu pada diskursus gender mengenai pengaruh konstruksi sosial terhadap terciptanya atribut maskulin dan feminin, yang nantinya juga memengaruhi pembagian peran dan fungsi antara laki-laki dan perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Ratu Kalinyamat merupakan puteri Sultan Trenggana, sekaligus cucu Raden Patah. Ratu Kalinyamat memiliki kepribadian yang tegas dan pemberani, terbukti ia mampu menyelesaikan kemelut yang terjadi di dalam internal Kerajaan Demak. Diangkatnya menjadi ratu di Kerajaan Kalinyamat (Jepara) mampu membawa pada puncak kejayaan, hingga namanya diabadikan oleh pelancong Portugis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210201 Archival, Repository and Related Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Zidah Alfi Rizqillah
Date Deposited: 14 Jan 2023 06:10
Last Modified: 14 Jan 2023 06:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17438

Actions (login required)

View Item View Item